Beranda Sekolah Hebat Opini Guru DOMINO Permudah Pembelajaran Kognitif AUD

DOMINO Permudah Pembelajaran Kognitif AUD

70
BERBAGI
Sujiyati, S.Pd Unit Kerja : TK Negeri Pembina Kec. Bayan, Kab. Purworejo
Sujiyati, S.Pd Unit Kerja : TK Negeri Pembina Kec. Bayan, Kab. Purworejo

JATENGPOS.CO.ID, – Perkembangan kognitif  adalah bagian dari beberapa aspek perkembangan Anak Usia Dini.  Di dalam perkembangan Kognitif antara lain meliputi : bereksplorasi, berfikir kreatif, memecahkan masalah, membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan mencocokkan , membilang, dan juga mengenal lambang bilangan.

Di dalam pembelajaran AUD harus benar-benar memperhatikan perkembangan anak,  dikarenakan pada usia tersebut adalah masa emas ( golden age ) masa yg paling peka. Hendaknya anak dibuat selalu merasa senang , aman, nyaman, tentunya  dengan permainan-permainan. Pembelajaran yang menyenangkan, bervariasi sesuai dengan karakteristik anak. Hal tersebut akan memudahkan anak dalam belajar, sehingga anak belajar tidak merasa terpaksa , jenuh,  bosan bahkan dengan senang hati . Dikarenakan dunia anak adalah dunia bermain . Jadi bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain.

 Pada dasarnya  kesenangan anak dalam penguasaan konsep pembelajaran dapat dimulai dari diri sendiri ataupun rangsangan dari luar seperti permainan- permainan .Dalam pembelajaran kognitif, dapat menggunakan  permainan, seperti : tebak-tebakan, kantong pintar, mencari jejak, juga bermain kartu Domino .

Dengan kartu domino , anak dapat belajar membilang, mengelompokkan, mencoccokkan ,mengenal penambahan , pengurangan dan menunjukkan angka yang sesuai gambar pada kartu domino tersebut. Dapat pula mengenalkan anak untuk  bersosialisasi dengan teman , bekerjasama, dan juga mengenal aturan bermain.

Kartu tersebut dapat untuk bermain dengan teman secara berkelompok, dengan panduan guru sesuai aturan yang disepakati, dapat pula bermain bersama teman tanpa panduan guru bilamana sudah tahu cara bermainnya. Dengan permainan tersebut anak akan aktif , merangsang anak untuk berpikir , memecahkan masalah yang dihadapi, dengan rasa senang, penuh semangat , saling membantu sesama teman .

 Menunjukkan angka sesuai dengan kartu yang ada di hadapannya dengan kartu yang dimiliki. Berarti anak dapat membilang, mengenal angka atau lambang bilangan.  Anak juga akan mengenal bentuk, warna dan menunjukkan gambar.  Hal tersebut akan memotivasi anak untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Apabila anak merasa kesulitan bisa dibantu.  Anak yang belum dapat menunjukkan gambar atau bilangannya boleh dibantu temannya yang tahu . satu anak dapat menerima kartu beberapa lembar, tidak selembar saja, menyesuaikan usia anak.  Pada umumnya anak akan merasa senang dan bangga bila dapat dengan cepat menunjukkan  kartu sesuai yang dimiliki. Kartu yang habis itulah yang menang , bagi yang kalah tugasnya mengocok kartu dan membagikan kepada teman. Anak akan berlomba untuk dapat mencocokkan gambarnya, jumlahnya, bentuk , warna, angka di gambar tersebut sesuai kesepakatan.

Domino dapat  dibuat  dengan kertas yang agak tebal, dapat menggunakan kertas gambar atau kertas sampul, terkandung maksud tidak mudah sobek, dipotong sebesar kartu domino. Kartu diberi gambar yang berbeda- beda , ada bentuk – bentuk geometri, gambar hewan, buah – buahan, bunga, gambar dari lingkungan sekitar yang dekat dengan  anak . Kartu diberi warna yang cantik sehingga  menarik perhatian anak. Kartu  domino dapat  dibagi dua setiap lembarnya, untuk gambar dan angka, dapat pula dengan gambar yang berbeda.  Dapat  juga dibuat menyesuaikan tema pembelajaran di Taman Kanak- kanak. Bukan domino yang bergambar lingkaran warna merah atau hitam saja. Ini kartu domino untuk pembelajara Anak Usia Dini. Kita upayakan agar anak lebih tertarik, merasa senang , semangat dalam belajar , antusias, ingin tahu dengan  berbagai metode pembelajaran.

 Pembelajaran yang bervariasi kita upayakan  agar peserta didik dapat berkembang optimal sesuai yang diharapkan, untuk persiapan di pendidikan selanjutnya.  Permainan domino salah satu cara untuk mengembangkan kognitif AUD.

Perrmainan kartu Domino menggunakan metode demontrasi .  Tanpa disadari anak sudah melaksanakan pembelajaran kognitif dengan mudah dan rasa senang serta enjoy.

Sujiyati, S.Pd
Unit Kerja  : TK Negeri Pembina Kec. Bayan, Kab. Purworejo
BERBAGI