Beranda Semarang Dosen Bergelar Doktor Didesak Ajukan Guru Besar

Dosen Bergelar Doktor Didesak Ajukan Guru Besar

BERBAGI
Rektor Undip Prof Yos Johan Utama (dua dari kiri) didampingi jajarannya saat memperkenalkan gubes baru. FOTO: BAGUS PANJI/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Undip terus memacu semua dosennya yang bergelar doktor untuk segera mengajukan guru besarnya demi peningkatan mutu dan prestasi kampus. Pasalnya Kemenristek Dikti setiap tahun melakukan penilaian pemeringkatan seluruh universitas yang ada di Indonesia.

“Bagi kami selaku rektor mengapresiasi yang sangat besar kepada para dosen Undip yang sadar dan semangat pengajuan guru besar (gubes). Karena ini tidak mudah, akan tetapi sesuatu yang harus dilakukan para dosen S3 disini,” tegas Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama saat memperkenalkan guru besar baru Prof Dr Ir Edi Purwanto MT dari Fakultas Teknik Undip di rektorat, Senin (4/12/2017).

Dikatakan, menjadi guru besar adalah puncak kunci sukses yang harus didukung semua orang yang terjun di akademisi. Puncak karir mereka sangat diharapkan meski mereka juga masih punya tanggungjawab mengajar dan melakukan penelitian dalam jurnal internasional.  “Di Undip jumlah dosen bergelar doktor masih ada sekitar 400 lebih dan didesak untuk segera tampil,” urainya.

Ketua Senat Akademik Undip, Prof Sunarso mengatakan, jumlah guru besar di Undip memang harus terus ditambah. Karena jumlah guru besar tentunya jumlahnya akan selalu berkurang, diantaranya ada yang sudah pensiun, sakit dan meninggal dunia. “Jumlah guru  besar Undip kini jumlahnya masih sekitar 114 dan semuanya ada yang aktif dan ada yang tidak. Ini memang tugas kami di senat universitas untuk mendorong semua dosen S3 segera ajukan gubes,” terangya.

Dekan FT Undip, Agung Wibowo mengatakan,saat ini jumlah guru besar di Undip yang paling banyak ada di Fakultas Teknik. “Perbanyak gubes, maka kita semakin bermutu dalam persaingan,” pungkasnya. (gus/muz)