Beranda Jateng DPRD Jateng Luncurkan Televisi Digital ‘Berlian TV’

DPRD Jateng Luncurkan Televisi Digital ‘Berlian TV’

28
SAMBUTAN: Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, mengatakan, peluncuran Berlian TV sangat positif sebagai bagian dari upaya memantapkan kehumasan dewan.

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – DPRD Jawa Tengah (Jateng) meluncurkan televisi digital Berlian TV guna mendukung kinerja kedewanan. Peluncuran dilakukan Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, di loby Gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan Kota Semarang, Kamis (3/9).

Kegiatan peluncuran yang dihadiri tiga Wakil Ketua DPRD Jeteng, Sukirman, Fery Wawan Cahyono, dan Heri Pudyatmoko, serta Sekretaris Dewan Urip Sihabudin itu bertepatan dengan satu tahun dewan periode 2019-2020.

Urip Sihabudin dalam laporannya mengatakan, Berlian TV adalal televisi berbasis teknologi digital untuk melengkapi media yang sudah ada di DPRD Jateng yakni majalah dan daring (online).

“Berlian TV ini merupakan bagian grand desain menuju Parlemen Digital,” katanya.

Parlemen digital, lanjut Urip, dijabarkan pelaksanaannya dalam empat konsep, pertama penyiaran digital, kedua pengembangan web, ketiga aplikasi terintegrasi, dan terakhir adalah peningkatan literasi.

“Alasan menggunakan nama Berlian, karena sudah dikenal identik gedung DPRD Jateng dan nama Berlian juga pernah dipakai nama tim bola voli binan dewan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, mengatakan, peluncuran Berlian TV sangat positif sebagai bagian dari upaya memantapkan kehumasan dewan.

“Meskipun di tengah pendemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah jajaran Sekretariat DPRD Jateng untuk berinovasi, sehingga tercipta produk jurnalistik penyiaran dalam wadah digital,” ujar dia.

Di era digital ini, lanjut Bambang, media sosial merupakan wahana informasi dan komunikasi paling populer. Lalu lintas komunikasi menjadi tidak terbatas secara ruang dan waktu.

Kuncinya adalah bagaimana teknologi dan globalisasi yang mengarah ke virtualisasi ini dapat dimanfaatkan. Semua bentuk media virtual, seperti media sosial, media elektronik, penting dioptimalkan oleh semua pihak, khususnya pemerintah.

Semakin banyak media dimanfaatkan, maka akan semakin banyak informasi, saran, masukan, dan kritik dari publik yang diserap.

“Hal yang tidak kalah pentingnya adalah respons cepat. Komunikasi virtual mesti dilangsungkan dua arah secara dinamis. Tindak lanjut atas saran dan kritik mesti cepat dipublikasikan demi kepuasan publik,” kata Bambang.

“Berlian TV diharapkan dapat membangun optimistik publik. Harus mampu meredam stigma-stigma negatif dan harus menjadi sosok yang dapat memengaruhi publik, dengan tetap bersikap independen dan berimbang,” ujarnya.

Setelah acara peluncuran, Bambang kemudian melakukan siara perdana di studio Berlian TV di lantai I Gedung DPRD Jateng.(udi)