Beranda Jateng DPRD Jateng Tekankan Pentingya Edukasi Kebencanaan

DPRD Jateng Tekankan Pentingya Edukasi Kebencanaan

47
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG — Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah menekankan pentingnya edukasi kebencanaan bagi semua lapisan masyarakat guna meminimalkan jumlah korban.

“Hal pertama yang mesti dilakukan adalah edukasi bencana pada masyarakat harus terus dilakukan dan kejadian di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah harus menjadi peringatan dini bagi Jateng,” kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Sukirman di Semarang, Rabu.

Menurut dia, edukasi kebencanaan harus diberikan secara menyeluruh, mulai dari antisipasi bencana, saat kejadian bencana, dan penanganan pascabencana.

Bentuk antisipasi bencana yang dimaksud adalah peningkatan kewaspadaan masyarakat terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu juga menyoroti pentingnya pemasangan dan perawatan alat “early warning system” di titik-titik rawan bencana.

“Pemerintah juga harus melakukan pengecekan pada ‘EWS’ yang ada, jangan sampai kelihatannya masih ada tapi tidak berfungsi normal,” ujarnya.

Sukirman juga mengingatkan hal terkait dengan rencana tata ruang dan wilayah tiap-tiap daerah yang harus sesuai peruntukkannya serta mengacu pada keselamatan warga dari berbagai bencana.(fid/ant)

BERBAGI