Beranda Ekonomi Dukung Ketahanan Pangan Rumah Tangga, Uniba Gelar Pelatihan Budidaya Ayam Sehat Beromega

Dukung Ketahanan Pangan Rumah Tangga, Uniba Gelar Pelatihan Budidaya Ayam Sehat Beromega

24
AYAM SEHAT : Pelatihan Budidaya Ayam Sehat Ber-omega yang digelar UNIBA di desa Bulu, Doyong, Sragen. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Untuk mendukung ketahanan Pangan Rumah tangga, Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, menggandeng Asosiasi Pertanian Organik Sehati Indonesia (ATOS), Mekar Tekno, dan PT Pithik Sumo Indonesia menggelar  pelatihan budidaya ayam sehat ber-Omega, di Desa Bulu, Doyong, Sragen,  Minggu (30/8/2020).

“Pelatihan ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi ditengah pandemik Covid-19,” Kata ketua pelaksana Dedi Fachrudin yang juga ketua ATOS.

Acara ini menghadirkan akademisi dari UNIBA Surakarta diantaranya Dr. Ariy Khaerudin SH, pakar bidang di bidang Kekayaan Intelektual, Andri Haryono Awalokta, ahli bidang peternakan, serta Suwardi, ahli bidang Ekonomi Pertanian dan Ahmad Mulyono direktur PT Pithik Sumo.

Pelatihan ini dilaksanakan secara langsung dengan memperhatikan protokol kesehatan, dilakukan pemaparan langsung dan tanya jawab dengan peraga bahan dan alat, serta langsung melihat kondisi kandang.

“Keunggulan ayam omega mudah diaplikasikan dilahan perumahan, tidak berbau sehingga tidak menimbulkan masalah di lingkungan masyarakat. Selain itu biaya budidaya ini tergolong hemat serta menghasilkan ayam sehat berkandungan omega,” imbuh Dedi.

Melihat antusiasme warga banyakyang ingin mengikuti acara tersebut, namun karena kondisi masih pandemi, panitia hanya membatasi peserta sebanyak 25 orang.

Diharapkan selepas dari kegiatan ini, seluruh peserta dapat mengaplikasikan cara berternak ayam sehat ber-Omega dan bisa memberikan keuntungan baik secara ekonomis sehingga kedepannya secara masif dapat menjaga ketahanan pangan melalui budidaya ini. (dea/bis/rit)