Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Dunia Pendidikan Saat Ini danTantangannya

Dunia Pendidikan Saat Ini danTantangannya

BERBAGI
Oleh : Fathurrohman, S.Pd.SD Guru SD NegeriBrondong, Purworejo
Fathurrohman, S.Pd.SD Guru SD NegeriBrondong, Purworejo

JATENGPOS.CO.ID, – Pendidikan sangat penting bagi terciptanya generasi yang cemerlang. Pendidikan memang hal yang sangat penting bagi sebuah bangsa, karena majunya sebuah negara bergantung pada majunya pendidikan generasi muda.

Seiring dengan isu globalisasi yang semakin gencar digalakkan semua lini diharapkan mampu menghadapi dampak dari globalisasi ini, tak luput juga dunia pendidikan menjadi sorotan.

Pendidikan menjadi ujung tombak dari semua lini, untuk itu semua satuan pendidikan yang diharapkan mampu mempersiapkan generasi mudanya untuk mampu menguasai semua keterampilan, baik yang bersifat umum maupun yang khusus, sehingga adanya globalisasi ini generasi muda mampu menyambut dan menghadapi dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Pendidikan harus mampu menciptakan karakter siswa yang dapat menunjukkan jati diri dan karakter bangsa Indonesia yang mampu menyambut dan menghadapi isu globalisasi yang akan datang tersebut, selain sikap toleransi, sopan santun dan gotong royong yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, peserta didik juga diharapkan mampu menguasai tekhnologi dan keterampilan untuk bersaing.

Ramah tamah, sopan santun, gotong royong masih banyak dijumpai di daerah pedesaan karena masih cenderung tradisional dan belum terkontaminasi gadget, sedangkan tekhnologi dan keterampilan banyak dijumpai di daerah perkotaan karena lingkungan yang terbiasa dengan persaingan dan budaya gadget yang sudah menjadi candu, untuk itu guru harus mampu mengemas menjadi kebiasaan yang lebih positif. Sehingga tercipta generasi yang “Cerdas, Taqwa, dan Terampil”.

Lingkungan rumah menjadi faktor penting penunjang pendidikan, sehingga kebiasaan siswa dirumah akan menentukan keberhasilan pembelajaran di sekolah dikarenakan aktifitas anak dirumah lebih banyak daripada disekolah.  Untuk itu perhatian dan kasih sayang orang tua terhadap perkembangan anaknya menjadi faktor penunjang yang tak kalah penting dari pendidikan di sekolah, pendidikan di rumah banyak mengajarkan tentang kasih sayang, perhatian. Sopan santun bahkan sampai ke pendidikan keagamaan. Sehingga pendidikan yang datang dari lingkungan keluarga sangat berpengaruh di lingkungan pendidikan lainnya.

Majunya pendidikan anak tak lepas dari tiga faktor penting yaitu : semangat siswa untuk belajar, guru yang kompeten dan dukungan moril maupun materiil dari orang tua. Ketiga faktor tersebut harus berjalan selaras dan seimbang sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal.

Kesulitan yang sering dihadapi oleh guru adalah kurangnya perhatian dan dorongan  orang tua terhadap pendidikan di sekolah, tak jarang orang tua yang beranggapan bahwa siswa yang sudah disekolahkan belajarnya cukup disekolah. Padahal pendidikan di sekolah berkesinambungan dengan pendidikan di rumah sehingga perhatian, kasih saying dan bimbingan orang tua sangat-sangat dibutuhkan.

Pendidik memang pekerjaan mulia, dibalik itu semua menyimpan seribu kendala dan sejuta cerita, baik pendidik yang di daerah perkotaan maupun pendidik di daerah pedesaan, namun pada intinya pendidik mempunyai kesamaam tujuan yaitu menciptakan generasi penerus yang cemerlang, bermoral, beriman, bertaqwa dan menguasai ketrampilan untuk menghadapi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh : Fathurrohman, S.Pd.SD

Guru SD NegeriBrondong, Purworejo

BERBAGI