Beranda Utama Empat Pilar Kebangsaan Pijakan Pemuda dalam Pembangunan

Empat Pilar Kebangsaan Pijakan Pemuda dalam Pembangunan

130
BERBAGI
Denty Eka Widi Pratiwi bersama peserta Bintek Karang Taruna se-Kabupaten Wonosobo. Foto : dokumen DPD

JATENGPOS.CO.ID, WONOSOBO – Pemuda dengan segenap potensi yg dimiliki akan menjadi modal yang luar biasa untuk mengisi pembangunan. Salah satu hal yang penting adalah mensinergikan keinginan pribadi dan cita-cita  dengan apa yg ada di lingkungan masyarakat.

“Pemuda harus sensitif dengan isu-isu yang ada di tengah masyarakat dan berani menyampaikan pendapat serta mengubahnya hal yang tidak baik,’’ papar Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Denty Eka Widi Pratiwi.

Hal itu disampaikan Senator Denty, panggilan akrabnya, saat memberikan paparan dalam Bimbingan Teknis dan Penguatan Kelembagaan Karang Taruna se- Kabupaten Wonosobo, di Aula Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo, Sabtu (24/2) .

Denty mengingatkan kembali empat pilar kebangsaan yang menjadi implementasi pembangunan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Konsesus dasar negara akan sangat bagus dengan didorong oleh peran pemuda. Bangsa akan sejahtera, makmur dan memiliki budi pekerti yg luhur, jika dapat mengimplementasikan empat pilar kebangsaan tersebut.

Pemuda, kata Denty, harus sensitif dengan isu-isu yang ada di tengah masyarakat. Pemuda harus berani untuk menyatakan pendapat melalui jalur yang benar dan mengubah hal yang tidak baik yang ada di depannya.

Melalui empat pilar kebangsaan, pemuda dapat mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai Pancasila dan UUD 1945 hendaknya menjadi dasar pemuda dalam menjalankan peran di tengah masyarakat. Sedangkan keragaman dan perbedaan budaya tidak bisa menjadi alasan untuk perpecahan karena negara memegang semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan harus bersatu melalui wadah NKRI. (drh/biz)