Beranda Politik Eva Yuliana Ingatkan Soal New Normal, Kebijakan Antar Daerah Harus Sinergi

Eva Yuliana Ingatkan Soal New Normal, Kebijakan Antar Daerah Harus Sinergi

35
Pembagian bantuan sembako Polres Sukoharjo dan Eva Yuliana di Kelurahan Combongan Sukoharjo. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos
JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Berbagai persiapan sudah dilakukan Kabupaten Sukoharjo dalam menghadapi New Normal. Khususnya aksi Polres dan Kodim Sukoharjo yang gencar melakukan sosialisasi.
Hanya disayangkan belum ada regulasi yang mengatur kebijakan daerah soal penerapan new normal, khususnya kebijakan yang sinergis antar daerah.
Seperti yang diungkapkan anggota Komisi 3 DPR-RI Eva Yuliana yang mengkritik belum adanya sinergitas pemerintah daerah se Solo Raya dalam hal penerapan protokol kesehatan Covid19 memasuki New Normal.
“Daerah atau kabupaten kota se Solo Raya kan saling berbatasan ya, potensi pergerakan antar penduduk tinggi. Harusnya ada komunikasi atau aturan yang sinergis antar pemerintah daerah dalam membuat kebijakan New Normal.” Ungkap Eva Yuliana saat kegiatan berbagi beras untuk warga di Kelurahan Combongan Sukoharjo, Minggu (14/6/2020).
Dikatakan Politisi Nasdem ini, sinergitas kebijakan tersebut akan memudahkan warga menaati atau patuh pada aturan sesuai protokol kesehatan Covid19.
“Masyarakat tidak bingung saat datang ke kabupaten ini aturannya begini, beda dengan kota ini, kalau sinergis warga patuh maka masa pandemi ini akan segera berlalu,” imbuhnya.
Eva memberi apresiasi atas gerakan Polda Jateng yang menggerakkan seluruh jajaran Polres se Jateng untuk melakukan sosialisasi secara masiv. Termasuk inisiasi pembentukan kampung siaga Covid19, pesantren siaga Covid19 dan pasar siaga Covid19 untuk menuju tatanan hidup baru seperti program pemerintah pusat.
Mengenai gerakan berbagi, Polres Sukoharjo melaksanakannya secara rutin seminggu dua kali aksi dan akan ditambah aksi insidental.
“Seminggu dua kali kita bagikan beras dengan alokasi 10 ton beras, dibagi merata untuk seluruh Polsek. Kita cari warga yang masih kekurangan.”kata Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, yang berbagi beras bersama Eva Yuliana.
Kapolres memerintahkan Babinkamtimas yang bersinergi dengan TNI dalam hal ini Babinsa, terus mencari dan melaporkan warga yang masih kekurangan.
“Kita (Polri) jalan terus bersama TNI. Sekaligus kita terus sosialisasi warga untuk PHBS dan melakukan protokol kesehatan Covid19,” tandasnya. (dea/bis/rit)