Beranda Jateng Fadholi Ajak Aparat Desa Jaga Persatuan

Fadholi Ajak Aparat Desa Jaga Persatuan

BERBAGI
Anggota DPR/MPR RI Drs Fadholi saat mensosialisasikan nilai kebangsaan kepada perangkat desa. FOTO : DEKAN BAWONO/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SALATIGA- Aparatur pemerintah desa memiliki peran yang sangat strategis di masyakarat. Baik dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, keagamanaan, bisnis dan sebagainya. Sehingga dengan sosialisasi ini para aparat desa bisa mengajak masyarakat dan memberikan teladan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Anggota DPR/MPR RI Drs Fadholi saat mensosialisasikan nilai kebangsaan kepada sekitar 150 aparat pemerintahan desa di Joglo Kauman Kidul, Kamis (14/12) siang. Aparat desa yang hadir di acara bertema ‘ Optimalisasi Aparatur Pemerintah untuk Penguatan Ketahanan Nasional ‘ ini berasal dari Kecamatan Tuntang, Kaliwungu dan Suruh.

“ Aparat desa punya peran strategis di dalam masyarakat, sehingga dengan sosialisasi ini mereka bisa mengajak masyarakat untuk terus memupuk kerukunan dan persatuan di dalam masyarakat. Dan jangan sampai terkotak-kotak yang bisa menggoyahkan persatuan,” tandas Fadholi.

Dikatakan Fadholi, pentingnya menjaga kerukunan dan tolerensi, karena di tengah-tengah masyarakat kadang kita melihat adanya perbedaan suku, agama dan sebagai. Hal itu harus dianggap sebagai kekayaan budaya bangsa yang memang beraneka ragam. “Jadi ketika kita hidup bermasyarakat dan terdapat  adanya perbedaan, maka harus disyukuri. Karena perbedaan itu  merupakan anugerah,” imbuhnya.

Demikian halnya dalam  hal pelayanan kepada masyarakat, perangkat desa harus bisa mengayomi dan melayani semua masyarakat tanpa memandang perbedaan. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan hak dan kewajiabnnya yang sama. “Harus bisa mengayomi semua pihak. Jangan diskriminatif,” pintanya.

Bila semua sikap perangkat desa tertanam demikian dan terus dijaga maka bisa memperkuat nilai-nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat. “Sehingga jelas sekali perangkat desa memiliki peran yang strategis dalam menyampaikan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat sekaligus menjadi tauladan,” pungkasnya. (deb/biz/muz)