Beranda Hiburan Festival Cheng Ho jadi Wonderful Even Kemenpar, Begini Kemeriahannya…..

Festival Cheng Ho jadi Wonderful Even Kemenpar, Begini Kemeriahannya…..

46
BERBAGI
Kabid Pemasaran Disporapar Prov Jateng Alamsyah didampingi General Manajer Sampookong dan Sekretaris Sampookong Nabilah saat menyampaikan keterangan pers terkait pelaksanaan Festival Cheng Ho, Selasa (7/8/2018) . Foto : Dokumentasi Disporapar Prov Jateng.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Kota Semarang sebagai pusat ibukota Provinsi Jawa Tengah akan mempersiapkan even tahunan dengan skala internasional, yakni Arak-arakan Perayaan Festival Cheng Ho yang diselenggarakan di Klenteng Agung Sam Poo Kong Semarang Selama 11 hari.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan , Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Alamsyah mengatakan, festival Cheng Ho merupakan salah satu even unggulan pariwisata Jateng yang juga telah ditetapkan oleh Kemenpar sebagai 100 wonderful event.

Pemprov Jateng melalui Disporapar Jateng mengapresiasi dan memberikan support penuh terhadap even yang tumbuh dan berkembang dari budaya masyarakat. Perayaan ini akan dilaksanakan mulai 9 -19 Agustus yang dipusatkan di Klenteng Agung Sam Poo Kong, Jalan Simongan 129 Semarang. Dia mengajak kepada masyarakat untuk berkunjung dan menikmati hiburan festival Cheng H0.

“Kebersamaan dalam keberagaman yg disuguhkan dalam festival Cheng Ho menjadi daya tarik Iuar biasa bagi pengunjung, baik domestik maupun mancanegara,” ungkapnya.

Perayaan tersebut akan digelar mulai 9 hingga 19 Agustus yang dipusatkan di Klenteng Agung Sam Poo Kong. Diharapkan nanti akan hadir 13.000 turis domestik dan internasional turut memeriahkan festival dan kegiatan menarik lainnya.

Kabid Pemasaran Pariwisata Disporapar Jateng, Alamsyah menyampaikan, Festival Cheng Ho merupakan salah satu even unggulan pariwisata Jateng yang juga telah ditetapkan oleh Kemenpar sebagai 100 wonderful event.

Pihaknya mengajak masyarakat Kota Semarang untuk berkunjung dan menikmati hiburan Festival Cheng Ho, dan menghimbau penyelenggara (Ketua Yayasan Sam Poo Kong) untuk mempersiapkan terkait parkir, kebersihan, ketersediaan toilet dan pengamanan.

Sementara itu General Manager Sam Poo Kong, Anandita Rinaldie mengatakan, Festival Cheng Ho merupakan perayaan sebagai bentuk penghargaan terhadap Laksamana Cheng Ho yang memberikan makna akan pentingnya persatuan bangsa.

Menurutnya, Akulturasi budaya Jawa dan Tiongkok yang ditinggalkan Laksamana Cheng Ho melahirkan sebuah tradisi budaya yang saat ini telah masuk dalam kalender of event yakni ‘Festival Cheng Ho’.

“Event ini merupakan bagian dari HUT Sam Poo Kong ke 613 memperingati kedatangan Laksamana Cheng Ho yang tahun ini bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI,” ungkapnya.

Kendati dilaksanakan setiap tahun, lanjut Dita, festival kali ini akan lebih menarik dan megah dibandingkan tahun sebelumnya. Karena tahun ini Festival Cheng Ho didukung Kementerian Pariwisata, sehingga festival tahun ini bertaraf Internasional.

“Harapannya bisa membawa Kota Semarang ke kancah Internasional. Selain ritual sembahyangan, juga akan ada tampilan pertunjukan budaya, arak-arakan, kegiatan bakti sosial dan bermacam lomba dengan total hadiah jutaan rupiah,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan tahun ini akan ada 50.000 pengunjung yang akan hadir selama festival Cheng Ho berlangsung. Sementara untuk informasi terkait kegiatan ini bisa didapat melalui Instagram Klenteng Agung Sam Poo Kong @wisata.sampookong atau melalui Hastag #FestivalChengHo. (drh)