Beranda Jateng Festival Karimunjawa Targetkan 15.000 Pengunjung

Festival Karimunjawa Targetkan 15.000 Pengunjung

41
BERBAGI
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Prov Jateng Alamsyah saat menyampaikan keterangan pers.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah akan berpartisipasi pada puncak gawe besar rangkaian acara di Kepulauan Karimunjawa bertajuk “Festival Karimunjawa 2018”. Puncak acara tersebut dilangsungkan di pusat keramaian Pulau Karimunjawa, yakni di Alun-alun Karimunjawa pada Sabtu (29/9) malam.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Alamsyah mengatakan, pihaknya akan memadai event wisata yang sedang berkembang khususnya di Jawa Tengah agar bisa masuk di skala Internasional.

“Dalam festival ini kita berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jepara dan Komunitas Karimunjawa,” ujar Alamsyah saat Press Conference di Banaran Resto Semarang, Selasa (25/9/2018).

Festival Karimunjawa sendiri merupakan event yang pertama kalinya digelar untuk melengkapi event yang selama ini rutin digelar seperti Haul Sunan Nyamplungan dan Barikan Kubro yang merupakan tradisi Karimunjawa setiap jelang Suro.

Menurut data 2017, Karimunjawa menempati urutan kedua daya tarik wisata alam yang disukai wisatawan Mancanegara, yakni pertama Dataran Tinggi Dieng, kedua Karimunjawa, Punthuk Setumbu, Pantai Kartini, Puncak Sikunir, Merapi, Merbabu, Bandungan dan Gunung Lawu.

Adapun serangkaian acara yang digelar saat Festival Karimunjawa antara lain, Selasa (25/9) Aksi Sapta Pesona, pada Rabu (26/9) Pentas Wayang Kulit, Kamis (27/9) akan digelar expo produk unggulan dan festival kuliner, work shop dan lomba perahu hias, workshop pariwisata, tarian dan music, serta perform grup band Andromeda.

Pada Jumat (28/9) ada senam maumere, lomba nyanyi, expo produk Karimunjawa 2018, lomba blogger dan fotografi, sarasehan ‘Goes to Sail 2018’, lomba mancing Nasional, reog Barongan, dan Karimunjawa bergoyang. Untuk Sabtu (29/9) akan digelar final menyanyi, gala dinner, tari egreg pesisiran (tarian sambutan Gubernur), pencanangan Festival Karimunjawa, CongRock- Reagee beach.

Dan pada Minggu (30/9) akan diramaikan dengan campursari, walking fun beach Karimunjawa, lawak jawa, dan pembagian doorprize. “Bagi yang mempunyai skill fotografer dan blogger akan kita wadahi,” kata Alamsyah.

Rencana, pada Festival Karimunjawa akan dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “Pencanangan Festival Karimunjawa ini merupakan terobosan kami untuk menambah daya tarik wisatawan,” tandasnya.

Event yang bertema “The Hidden Paradise of Culture & Natural” tersebut diprediksi akan mampu menyedot 15 ribu pengunjung. “Kita targetkan 15 ribu pengunjung akan meramaikan Festival Karimunjawa 2018,” ungkapnya.

Menurutnya, 15 ribu pengunjung tersebut terdiri dari 10 ribu domestic dan 5 ribu dari mancanegara. Dengan digelarnya Festival Karimunjawa diharapkan kapal-kapal yang tadinya jarang beroperasi, nantinya bisa beroperasi dengan rutin dan lancar. drh