Beranda Politik Galang Pilkada Sragen 2020 Damai, Asitras Pilih Bersikap Netral

Galang Pilkada Sragen 2020 Damai, Asitras Pilih Bersikap Netral

18
BERKUNJUNG : Kunjungan Satuan Intelkam Unit III Polres Sragen ke rumah seni ASITRAS Sragen. Foto: ARI SUSANTO/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Penggalangan dukungan Pilkada Sragen 2020 damai aman dan kondusif terus digencarkan Satuan Intelkam Polres Sragen. Silaturahmi Unit III Sat.Intelkam Polres Sragen giliran mendatangi kediaman Ketua Aliansi Seniman Tradisional Sukowati (ASITRAS) di Dukuh Ngringin Rt.011/003, Desa Kebonromo, Kec. Ngrampal, Sragen, Jumat (19/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Silaturahmi yang dilakukan untuk deteksi dini potensi konflik serta menciptakan situasi kondusif terkait dampak Covid-19 dan Menjelang Pilkada Sragen.
Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandhy Cahyo Priambodo, SIK melalui Kasat Intelkam AKP Sumanto, SH mengatakan penggalangan dukungan khusus perorangan yang dilakukan dengan tujuan mengajak seluruh elemen maupun organisasi masyarakat.

Khususnya ASITRAS Sragen untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Apalagi tahapan pilkada ditengah Pandemi Covid-19, tentunya harus menciptakan situasi Sragen yang Aman, Damai dan Sejuk.

“Kami harap seluruh pengurus maupun anggota seniman dan pekerja seni yang tergabung dalam ASITRAS Sragen dapat berkomitmen menjaga Pilkada Sragen 2020 Damai. Tentunya juga mematuhi peraturan pemerintah dan protokol kesehatan menyikapi mewabahnya covid-19 dengan bekerja sama bersama Polri,” papar AKP Sumanto.

Ditambahkan Kanit III Sat.Intelkam Polres Sragen Ipda Joko Purwanto, berharap terhadap ASITRAS Sragen, bila terjadi permasalahan baik di internal maupun eksternal organisasi sebaiknya tidak ada tindakan main hakim sendiri, dan dapat memberikan informasi sejak dini guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami mohon agar anggota ASITRAS walaupun dalam Pilkada nanti pilihan berbeda-beda merupakan hal yang wajar sebagai wujud sebuah pesta demokrasi. Hanya saja, jangan sampai tercerai berai dan mau diadu domba kepentingan pribadi /kelompok tertentu karena perbedaan pilihan,” tandas Ipda Joko Purwanto.

Sementara Ketua ASITRAS Sragen Sunarto menegaskan akan bertindak netral dalam Pilkada Sragen 2020. Lantaran pada prinsipnya organisasi ASITRAS tidak terikat dengan partai politik maupun golongan tertentu.

Pihak ASITRAS memberikan kebebasan terhadap anggota untuk berpolitik maupun menentukan pilihan masing – masing, selama tidak menggunakan atribut maupun mengatasnamakan Organisasi.

“Kami telah menginstruksikan terhadap segenap anggota ASITRAS secara bersama -sama agar senantiasa berperan aktif untuk membantu Polri khususnya Polres Sragen untuk menjaga Kamtibmas di Sragen tetap kondusif,” tegas Sunarto.

Dikatakan Sunarto, dalam menyikapi maraknya wabah Covid-19, pihaknya juga menghimbau seluruh anggota ASITRAS untuk senantiasa mematuhi Protokol Kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah. Karena dampak nyata dengan adanya KLB ataupun mewabahnya virus Corona saat ini bagi seniman khusunya yang tergabung ASITRAS adalah di bidang ekonomi, seperti tidak adanya Job manggung dimana sebagian besar dibatalkan dikarenakan adanya larangan orang punya hajat guna mencegah mewabahnya Covid-19. Sehingga pihaknya berdoa pandemi covid-19 segera berakhir sehingga semua aktivitas dapat normal kembali.

“Soal Pilkada Sragen 2020, diprediksi hanya memunculkan kandidat cuma dua pasang, sehingga melihat kondisi itu Polres Sragen akan bekerja ekstra, karena rawan adanya gesekan-gesekan antara pendukung kedua belah pihak yang akan membuat suasana memanas,” ucap Sunarto.

Di sisi lain, rumah seni ASITRAS sendiri aktif dyang beralamat di Dukuh Karangtanjung Rt.20/10, Desa Ngarum, Kec. Ngrampal, Sragen amat tersanjung atas semua perhatian Kapolres dan Wakapolres Sragen melalui Sat Intelkam untuk bersilaturahmi. Pihaknya merasa sangat bangga dan merasa beruntung sebagai masyarakat Sragen yang mana Sragen selalu mendapatkan Pimpinan Polres Sragen yang baik saat ini maupun pimpinan sebelumnya.Saat ini ASITRAS, keanggotaannya masih solid sekitar 500 orang. (ars/bis/rit)