Beranda Semarang Gandeng Asing, Polimarin Tingkatkan SDM

Gandeng Asing, Polimarin Tingkatkan SDM

7
BERBAGI
KERJASAMA PENDIDIKAN: Angus Ferguson, Kepala Kurikulum Universitas Glasgow atau Curriculum Head City of Glasgow College saat paparan di Polimarin Semarang.
Gandeng Asing, Polimarin Tingkatkan SDM

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Guna mendukung suksesnya dunia kemaritiman di Indonesia, Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) menggandeng Kemenristek Dikti mengundang para tamu dari luar negeri untuk bertukar pengalaman. Di antaranya dengan menggelar seminar internasional dan melibatkan para pakar maritim.

“Seminar Internasional kemaritiman ini kami gelar juga tujuannya untuk menggali ilmu demi para taruna kami. Kita juga butuh belajar bagaimana suksesnya dunia kemaritiman dan kita ingin meningkatkan SDM di kampus ini,” tegas Direktur Polimarin, Dr Siti Tuti Rahayu MSi di sela seminar, Senin (5/2).
Polimarin kemarin menggelar Seminar Internasional ‘The Role of Higher Vocational Education in Supporting Indoensia to Become a Global Maritime Hub’ di kampus Polimarin. Diantaranya hadir pembicara asing, Angus Ferguson (Curriculum Head City of Glasgow College), David Kelly (Director of Asia Pacific for The Institute of Marine Engineering, Science and Technology (MarEST).

Selain itu ada, Sirajuddijn Tenri (Cambridge English, Captain Bambang Purnomo (Indonesian Martitime Industry), Direktorat Pembinaan Kelembagaan Dikti Kemenristek Dikti Akhmad Busyroh, Deputi Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Dr Ir Surat Indrijarso MSc, Dirjen Kelembagaan SDM dan Institusi Ristek Dikti Purwanto Subroto, dan pejabat lainnya.

Tuti menegaskan Polimarin ingin meningkatkan SDM dengan cara menyerap pembicara tamu asing. Mengingat era globalisasi dan meningkatnya dunia maritim antar negara kian bersaing ketat. “Banyak yang kita serap, ternyata SDM kemaritiman juga harus menguasai bahasa Inggris, komputer dan jaringan yang kuat,” jelasnya.

Sementara Kepala Kurikulum Universitas Glasgow, Angus Ferguson juga menawarkan ke Polimarin bahwa pihaknya juga membuka pelatihan dan sekolah kemaritiman. “Di tempat kita sudah terkenal, semoga ada ketertarikan dari Kampus Polimarin di sini,” ajaknya. (gus/bis/sgt)

BERBAGI