Beranda Nasional Ganjar Hanya Kalah dengan Tsunami Politik, Elektabilitasnya di Atas 50 Persen

Ganjar Hanya Kalah dengan Tsunami Politik, Elektabilitasnya di Atas 50 Persen

277
BERBAGI
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menilai pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 jika berlangsung normal, maka calon petahana, Ganjar Pranowo diperkirakan akan lolos sebagai pemenangnya.

“Calon gubernur incumbent dari PDIP itu tidak mudah dikalahkan oleh kandidat lain yang ada disurvei, karena posisi elektabilitasnya sudah cukup perkasa dengan angka di atas 50 persen dalam berbagai simulasi. Hanya ‘tsunami politik’ yang bisa menumbangkan dan mengalahkan Ganjar,” kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi, Toto Izul Fatah di Jakarta Pusat, Jumat.

Hasil survei LSI pada November 2017 juga menunjukkan elektabilitas kader partai Gerindra, Ferry Juliantono menempati posisi kedua setelah Ganjar dan di atas mantan menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM), Sudirman Said.

Sehingga Ferry dinilai mampu menjadi lawan tanding petahana. Meski jarak angkanya masih jauh,dengan pesan program yang tepat dan melakukan sosialisasi dengan sisa waktu yang ada dapat menaikkan elektabilitasnya.

“Dari tingkat kesukaan, Ferry memiliki nilai yang cukup tinggi, sehingga jika dimaksimalkan tingkat pengenalannya akan berdampak terhadap elektabilitasnya menghadapi petahana. Sementara apabila PDIP tidak mengusung petahana, maka peluang Ferry menjadi lebih tingg” kata Toto.

Selain itu, LSI menyatakan Wakil Ketua Umum Gerindra itu, mampu menyelesaikan masalah yang ada dengan presentase 30,8 persen dibandingkan petahana hanya memperoleh 9,9 persen. Mulai dari kemiskinan, lapangan pekerjaan dan pendidikan.

“Dari survei terlihat harapan masyarakat memiliki pemimpin baru di Jawa Tengah cukup tinggi dengan tren menginginkan pemimpin yang bebas korupsi,” kata Toto.(jwn/udi)