Beranda Nasional Ganjar-Musthofa Rebutan Rekomendasi PDIP

Ganjar-Musthofa Rebutan Rekomendasi PDIP

BERBAGI

 

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Pengamat politik Universitas Diponegoro Semarang M Yulianto memperkirakan Gubernur Ganjar Pranowo akan bersaing ketat dengan Bupati Kudus Musthofa dalam memperebutkan rekomendasi PDIP sebagai bakal calon gubernur untuk Pilkada 2017.

“Ada petahana, ada pendatang baru dalam pendaftara bakal calon yang dibuka PDIP,” kata Yulianto.

Jika dilihat dari tingkat elektabilitas para kandidat gubernur yang mendaftar melalui PDIP, menurut dia, terdapat nama Gubernur Ganjar Pranowo dan Bupati Kudus Musthofa di posisi pertama dan kedua.

Ganjar Pranowo merupakan petahana yang sudah memerintah hampir lima tahun pada periode pertama itu.

Sementara Musthofa merupakan bupati dua periode dengan berbagai prestasi dalam membangun Kabupaten Kudus.

Meski demikian, lanjut Yulianto, keputusan akhir bakal calon yang akan diusung merupakan hak prerogratif Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Yulianto juga memperkirakan rekomendasi bakal calon gubernur dari PDI Perjuangan yang hingga saat ini belum turun akan disampaikan saat “injuri time” menjelang waktu pendaftaran Pilkada 2017.

“Sebagai strategi politik PDIP, rekomendasi akan disampaikan pada saat terakhir menjelang pendaftaran,” kata Menurut dia, strategi tersebut nantinya menjadi kunci PDIP dalam mengusung calon yang akan menjadi kekuatan politis.

Saat ini, lanjut dia, Partai Gerindra telah memastikan mengusung mantan Menteri ESDM Sudirman Said sebagai bakal calon gubernur.

Ia memperkirakan keputusan Gerindra tersebut akan mengubah peta politik yang berjalan selama ini menjelang pilgub.

Karena itu, menurut dia, PDIP kemungkinan besar baru akan mengumumkan calonnya pada saat terakhir menjelang pendaftaran.(ant/udi)

BERBAGI