Beranda Jateng Ganjar Ternyata Ditinggal Pimpinan Parpol

Ganjar Ternyata Ditinggal Pimpinan Parpol

128

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG — Konstelasi politikmenjelang Pilgub Jateng 2018 makin dinamis. Kekompakan koalisi parpol pengusung dan pendukung pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin patut dipertanyakan.

Dari empat parpol pengusung, ternyata hanya Ketua DPW PPP Jateng, Masrukhan Syamsuri yang mendampingi dalam pengundian nomor urut cagub/cawagub yang digelar KPU Jateng di Hotel Patrajasa, Semarang, Selasa (13/2) malam.

Selebihnya Ketua DPD PDIP, Partai Nasdem, Partai Demokrat tidak ikut mendampingi. Mereka hanya mewakilkan kepada pengurus parpol lainnya seperti bendahara dan sekretatis.

Ketua Partai Golkar Wisnu Suhardono juga tidak hadir. Golkar sebagai partai pendukung diwakili Ketua Harian Iqbal Wibisono.

“Ketua kami berhalangan hadir, pak Wisnu Suhardono (Ketua DPD I Partai Golkar Jateng) pergi ke Singapura, diwakilkan ke saya,” kata Iqbal.

Sebelumnya, dikatakan Iqbal, sudah ada koordinasi antar partai koalisi untuk menghadiri pengundian nomor urut Paslon. Dan dipimpin oleh Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto.

“Saat itu juga tidak berbicara apakah (Bambang Wuryabto) akan hadir atau tidak,” katanya.

“Tidak ada keterangan kenapa pak Bambang Pacul tidak hadir. Kemungkinan ada acara di Jakarta,”imbuhnya.

Namun Iqbal menegaskan, meski dari lima ketua partai yang hadir hanya satu, jalinan koalisi tetap solid.

“Tidak ada perselisihan maupun gesekan. Komitmen kami, karena kami ini koalisi mayoritas maka hasil pada Juni nanti juga harus mayoritas,” ucapnya yakin.

Dengan kenyataan itu, tampaknya Ganjar-Yasin dibiarkan sendiri mengambil nomor undian. Hal itu berbeda dengan parpol pengusung dan pendukung Sudirman-Ida.

Semua ketua parpol tampak kompak hadir langusung di Patrajasa. Mulai DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid, Ketua DPW PKB Yusuf Chudori, Ketua DPW PKS Abdul Fikri Faqih, dan Ketua DPW PAN Wahyu Kristianto.

Suasana pengundian nomor urut cagub/cawagub Jateng sendiri berlangsung panas. Ribuan massa memenuhi kawasan Hotel Patra Semarang. Dua pasangan cagub/cawagub Jateng, Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida sama-sama mengerahkan massa dan meneriakkan yel-yel dukungannya.

Pengundian nomor urut pun sempat diwarnai kericuhan. Hal itu lantaran ada keributan di antara dua kubu pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Namun dibalik panasnya suasana tersebut, ada pemandangan sangat janggal dan kontral di dalam ruangan Rama Shinta Ballroom yang dijadikan tempat pengundian nomor urut. (aam/udi)