Beranda Jateng Geo Dipa Kerja Sama Pengamanan dengan Polda

Geo Dipa Kerja Sama Pengamanan dengan Polda

BERBAGI
Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim dan Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Jateng, Kombes Polisi Fx. Bagus Wahyono melakukan kerja sama pengamanan obyek vital di Ungaran, Rabu (11/4). foto:dhani setiawan/jatengpos

JATENGPOS.CO.ID. UNGARAN— PT Geo Dipa Energi (Persero) (GeoDipa) Unit Dieng bekerjasama dengan Polda Jateng terkait dengan pengamanan wilayah karena merupakan Objek Vital yang keberadaannya perlu dilakukan pengamanan.

“PT Geo Dipa Energi (Persero) (GeoDipa) Unit Dieng ini wilayahnya ada didua polres sehingga yang jaga anggota Polres Banjarnegara dan anggota Polres Wonosobo,” ungkap Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Jateng, Kombes Polisi Fx. Bagus Wahyono di Ungaran, Rabu (11/4).

Bagus Wahyono menambahkan kerjasama ini dibidang pengamanan karena merupakan Pam Obyek Vital (Obvit) ini membawahi obyek vital Nasional karena penyuplai listrik wilayah Jawa Bali.

“Kalau ini terganggu maka masukan atau asupan listrik akan mengganggu semua kegiatan mulai akan menggagu kestabilitas Nasional,” katanya.

Dalam sebuah pengamanan itu, katanya, terdapat tiga tahapan yakni tahap preentif, prefentif dan represif. Sebelum kejadian atau melaksanakan diarahkan dengan Polres dan Binmas untuk menggalang masyarakat . Kemudian sebelum melakukan tindakan kejahatan kita bina.

“Prefentif dengan melakukan anjangsana dan pengarahan-pengarahan dan preventif menjegah niat, plus kesempatan dengan crime sehingga ada niat yang ingin mengaganggu kesempatannya ada satpam yang jaga terus dan Refresif kita berikan pengetahuan laka lantas langsung koordinasi degan Polres,” katanya.

Dan dalam pengamanan ini, polisi akan menjadi supervisi dengan mengecek satpam yang berjumlah 80 orang akan dilakukan cek apakah sudah mempunyai kartu anggota satpam atau sudah mengikuti pendidikan satpam.

“Tetapi kalau belum akan direkomendasi untuk mengikuti pendidikan serta melakukan pelatihan bela diri atau pelatihan penjagaan patroli pengawalan sesuai dengan tugas satpam. Dengan latihan ini apabila ada kejadian sebenarnya mereka tidak bingung karena sudah terlatih.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim mengatakan kalau selama ini PT Geo Dipa Energi (Persero) (GeoDipa) Unit Dieng merupakan kawasan yang terbuka berbeda dengan Listrik yang tertutup tetapi ini berdekatan dengan masyarakat sehingga sangat rawan.

“Apalagi tuntutan dan masalah maka diperlukan penanganan pengamanan yang sesuai dengan SOP sehingga dilakukan kerjasama dengan Polda jateng,” katanya.
Selama ini energi bumi ini tidak habis-habisnya sehingga perlu dimanfaatkan dan di wilayah Dieng ini sendiri terdapat 400 Mega Watt yang bisa dimaksimalkan tetapi sampai saat ini terdapat 60 Watt yang akan dikembangkan yakni di Dieng II dan III dan akan dilakukan pengeboran di Candradimuko. (dni/biz/muz)