Beranda Ekonomi Gesits Bakal Bikin Kelabakan Produsen Motor, Ini Kata M Natsir

Gesits Bakal Bikin Kelabakan Produsen Motor, Ini Kata M Natsir

115
BERBAGI
Menristek Dikti M Natsir. Foto : Jateng Pos/Intan

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sinyal adanya produski massal motor listrik buatan anak negeri, Gesits membuat sejumlah pihak kalang kabut.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Riset, dan Pendidikan Tingi Muhamad Natsir ketika menghadiri Seminar Nasional di Universitas Diponegoro Semarang. Jumat, 30/11.

“Ketika motor listrik resmi mendapatkan lampu hijau dari Pemerintahan. Berbondong bondong produsen motor Jepang, Tiongkok dan Taiwan bertanya pada saya. Berapa harga jual motor ini ketika sudah di produksi masal? Lalu, saya jawab harganya kompetitif di atas 15 juta sama dengan  harga motor konvensional”, ujarnya.

Pemerintah sendiri menargetkan produksi motor listrik dapat mencapai angka  60 ribu dalam setahun.

“Ada 4 line yang tersedia namun yang difungsikan masih 1, kalau belum mencapai target baru line yang lain akan difungsikan”, jelasnya.

Selain itu, Natsir mengatakan seluruh komponen motor ini sendiri di produksi di dalam negeri. Baterai yang akan digunakan merupakan hasil riset inovasi yang dikembangkan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS). Sementara bagian  speedometer yang mampu diubah menjadi ponsel pintar (smartphone) dibuat berdasarkan riset inovasi dari Insitut Teknologi Bandung (ITB), dan penggerak motornya sendiri dari Insitut Teknologi Surabaya (ITS) .

Dia juga berharap bahwa Gesits nantinya dapat menjadi kendaraan resmi di pemerintahan. (ita/drh)