Beranda Jateng Solo Grab Indonesia Inisiatif Lawan Covid-19 di Solo

Grab Indonesia Inisiatif Lawan Covid-19 di Solo

65
PRIORITAS : Sejak munculnya wabah penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasionalnya.

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Menyikapi pandemi Virus Corona (Covid-19), Grab Indonesia telah mengambil sejumlah langkah antisipasi melalui gerakan KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk di antaranya wilayah Solo dan sekitarnya.

City Lead Solo Raya, Grab Indonesia, Aditya Kundhala mengatakan, gerakan KitaVSCorona tersebut tidak hanya diberlakukan bagi mitra pengemudi dan karyawan Grab saja, namun juga seluruh merchant yang bermitra dengan mereka. Dengan tujuan memberikan kepastian kepada pengguna transportasi online maupun pengantaran baik barang maupun makanan selama masa pandemi.

“Sejak dimulainya wabah penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pihak Grab pada respon kami terhadap COVID-19. Di Grab, kami menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional kami. Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk di Solo dan sekitarnya,” jelasnya.

Adapun sejumlah langkah yang dilakukan di antaranya, pembagian ratusan masker, pembersih tangan (hand sanitizers), penutup rambut (haircap) dan vitamin bagi mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar, penyemprotan desinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar, edukasi gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 kepada mitra pengemudi, termasuk fasilitas diskon cuci helm dan jaket, pemberian bantuan keuangan dan medis jika driver masuk karantina.

“Kami juga membagikan  voucher GrabCar ke beberapa Rumah Sakit rujukan COVID-19 di Solo dan sekitarnya sebagai bentuk apresiasi Grab untuk tenaga medis yang berjuang dalam pandemi virus ini. Selain itu, kami juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan,” urainya.

Sedangkan untuk konsumen, selain menyediakan konsultasi kesehatan melalui fitur GrabHealth. “Kami juga menerapkan fitur Pemesanan Tanpa Kontak untuk layanan GrabFood dan GrabExpress, sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran,” ujarnya.

Inisiatif dari Grab Indonesia tersebut diapresiasi oleh Kepala Sub Dinas Angkutan Dinas Perhubungan Kota Solo, Muhammad Taufik. Ia menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Grab di Solo dalam menanggapi pandemi Covid-19.

“Kami atas nama Dinas Perhubungan Kota Solo secara prinsip sangat mendukung  kegiatan yang dilaksanakan oleh Grab Solo berupa penyemprotan desinfektan dan bantuan masker, hand sanitizer dan vitamin untuk mitra pengemudi roda dua dan roda empat. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam situasi penyebaran COVID-19 yang semakin luas, sehingga perlu ada langkah antisipasi pencegahan Saya berharap pihak-pihak lain dapat mengikuti apa yang dilakukan Grab Solo, untuk melindungi dari penyebaran virus COVID-19. Harapannya wabah ini segera berakhir sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan normal,” ujarnya. (jay/bis/rit)