Beranda Ekonomi Guru Ekonomi Punya Peran Besar dalam Literasi Perencanaan Keuangan

Guru Ekonomi Punya Peran Besar dalam Literasi Perencanaan Keuangan

101
BERBAGI
Direktur SDM dan Umum Bhinneka Life Rully Safari saat pembukaan literasi keuangan di Sekolah Nasional Karangturi, Kamis (6/12/2018). ist

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Literasi mengenai keuangan masyarakat dinilai masih rendah di tengah masyarakat. Berdasarkan data yang disarikan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada tahun 2017, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76 persen.

“Pengelolaan keuangan seharusnya sudah diketahui sejak dini. Melalui literasi akan ada pemahaman dan edukasi pengelolaan keuangan agar bisa siap pada saat pensiun atau jaminan di masa yang akan datang,” terang Direktur SDM dan Umum Bhinneka Life, Rully Safari, di sela Literasi Pengelolaan Keuangan oleh Bhinneka Life, Kamis (6/12/2018) di Sekolah Nasional Karangturi Semarang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi se Jawa Tengah. Para guru diharapkan dapat mempercepat pemahaman literasi perencanaan keuangan dan asuransi kepada anak didik.

Rully mengatakan, Bhinneka Life merupakan perusahaan asuransi jiwa yang didirikan di Indonesia memiliki 9.000 agen terlatih dan tersebar di seluruh wilayah. Perusahaan ini memiliki sejumlah produk asuransi sejak tahun pendirian pada 2016 silam.

Menurutnya, keterlibatan guru ekonomi pada literasi mengenai perencanaan keuangan akan menumbuhkan pengeahuan pengelolaan dan perencanaan sejak dini di tengah masyarakat. “Kami mengajak para guru ekonomi untuk menambah referensi dalam menyampaikan materi literasi perencanaan keuangan kepada anak didik,” terang Rully.

Ketua MGMP Ekonomi Jateng Ismawanto mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Bhinneka Life tersebut. Dia berharap, kegiatan serupa dilaksanakan secara intensif dan kontinu sehingga dapat diikuti oleh seluruh guru ekonomi di Jateng.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena perencanaan pengelolaan keuangan memang semestinya dipahami anak didik sejak dini,” ujarnya.

Pada kesmepatan tersebut, Bhinneka Life juga membagikan 100 buku kepada peserta agar mereka bisa menularkan ilmu kepada murid-murid. Program Literasi Pengelolaan Keuangan oleh Bhinneka Life tersebut telah digelar di enam kota besar yakni, Yogyakarta, Bukittinggi, Surabaya, Bandung, Kediri, dan Semarang. (drh)

BERBAGI