Beranda Edukasi Guru Jepara Antusias Ikuti Pelatihan Menulis Artikel

Guru Jepara Antusias Ikuti Pelatihan Menulis Artikel

192
PERDANA : Pelatihan menulis artikel pertama kali diadakan di Jepara bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA Kabupaten Jepara
PERDANA : Pelatihan menulis artikel pertama kali diadakan di Jepara bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA Kabupaten Jepara

JATENGPOS.CO.ID, JEPARA – Bertempat di Meeting room Villa Sekuro Kab. Jepara,guru dari berbagai jenjang dan mata pelajaran antusias ikuti pelatihan menulis.Pelatihan menulis artikel kali pertama di Jepara ini digawangi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA Kabupaten Jepara. Acara dibuka oleh kepala cabang wilayah Dinas Pendidikan Kebudayaan Jateng Dr.Ernest Ceti Septayanti,SE,M.Si.

Dikatakan Ernest, dinas mendukung dan mengapresiasi kegiatan pelatihan.

 

”Saya atas nama dinas mengapresiasi kegiatan ini.Terima kasih MGMP Biologi yang sudah menginisiasi.Harapannya guru bisa menulis di media massa.Guru saat ini harus mengembangkan diri untuk mewujudkan merdeka belajar.”ujarnya kepada Jateng Pos.

 

Saat ini, lanjutnya bahwa kualitas pendidikan Indonesia berdasarkan hasil PISA sangat memprihatinkan. Hal itu berbeda jika dibandingkan dengan pendidikan di Selandia Baru. Sementara itu Ketua Panitia Kuat Parmono,S.Pd menyampaikan kegiatan ini memfasilitasi para guru agar guru mampu menulis publikasi ilmiah.

 

Materi pertama dilanjut paparan dari BKD Kab.Jepara R.Eko Sulistyono,S.TP,M.H. Eko memaparkan kebijakan aparatur sipil negara dan jenis ketentuan kenaikan pangkat.Eko juga menyinggung terkait ketentuan angka kredit guru.Salah satunya bisa melalui menulis di koran.

 

Sementara itu hadir sebagai nara sumber, Tukijo, selaku Duta Literasi.Tukijo sekaligus penerima Jateng Pos Award ini memantik teknik menulis artikel,PKG dan PKB guru,literasi dan praktik menulis.

Para peserta diharapkan mampu dan mau menulis di koran. Pasalnya artikel yang terbit bisa dinilai 1,5.Selain itu menulis juga berbagi ide dan inovasi khususya dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. Tanya jawab tak bisa dielakkan. Tukijo dengan sabar melayani pertanyaan para peserta.

Mulai dari kesulitan menuangkan ide,mengembangkan judul dan mengedit tulisan.Bukan hanya itu pertanyaan seputar penerbitan koran juga banyak dilontarkan. Pada akhir sesi presentasi karya peserta.Masukan dan kritik penulisan dilakukan agar artikel makin baik. Artikel karya peserta akan diterbitkan di Jateng Pos setiap hari. (Tkj/rit)