Beranda Edukasi Guru SMA Ikuti Bimtek Belajar TIK

Guru SMA Ikuti Bimtek Belajar TIK

165
PELATIHAN : Para peserta usai mengikuti kegiatan Bimtek Pendayagunaan sumber belajar berbasis TIK yang diselenggarakan BPTIKP Dikbud Jawa Tengah.
PELATIHAN : Para peserta usai mengikuti kegiatan Bimtek Pendayagunaan sumber belajar berbasis TIK yang diselenggarakan BPTIKP Dikbud Jawa Tengah.

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN – Puluhan guru SMA Korwil X Jawa Tengah bersemangat mengikuti Bimtek Pendayagunaan sumber belajar berbasis TIK yang diselenggarakan BPTIKP Dikbud Jawa Tengah selama tiga hari sejak Kamis hingga Sabtu (22-24/8)di Hotel C3 Ungaran Kabupaten Semarang.

Secara rutin BPTIKP Dikbud Jawa Tengah menggelar pelatihan berbasis TIK untuk para guru. Kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kompetensi TIK guru di Jawa Tengah. Tak terkecuali guru SMA ini. Mereka diharapkan mampu memanfaatkan TIK untuk pembelajaran di abad 21. Kegiatan tersebut didanai dari APBD Propinsi Jawa Tengah TA 2019.

Dengan demikian guru di Jawa Tengah akan lebih maju. Perlu diketahui bahwa guru di Jawa Tengah juga telah mengikuti program pengembangan TIK yang diselenggarakan BPTIKP maupun Pustekkon Kemdikbud. Hadir salah satu narasumber di hari pertama Tukijo,S.Pd sebagai Duta Rumah Belajar Kemdikbud.

Tukijo yang juga aktif di kegiatan literasi juga memaparkan materi penyusunan RPP terintegrasi TIK dan rumah belajar.

“Di era saat ini,guru harus mau mengembangkan dirinya. Pembelajaran konvensional sudah tidak tepat.Sehingga e-learning menjadi kebutuhan. Salah satunya adalah portal rumah belajar. Portal ini gratis.”papar Tukijo saat memberikan materi.

Selain itu guru juga dibimbing membuat RPP yang terintegrasi TIK. Mereka kemudian menganalisis KD dan Indikator baru merumuskan langkah di RPP. Para peserta tampak antusias menyimak paparan apalagi diselingi kuis. Lebih lanjut,Tukijo membimbing peserta membuat akun rumah belajar.

Melalui akun tersebut, guru bisa membuat kelas maya.Ini yang menjadi kebutuhan saat ini. Salah satu peserta asal Cilacap, Sutinah mengaku bahwa bimtek ini cukup menarik. Pasalnya pembelajaran modern suatu kebutuhan.

Selain rumah belajar keesokan harinya peserra juga akan dibimbing dalam materi media interaktif,dan lainnya. Peserta yang mayoritas guru SMA tersebut tampak semangat. Pasca bimtek diharapkan guru mau dan mampu mendesiminasikan kepada guru lain di sekolahnya. (*/yet)