“Halian” Strategi Jitu Terampil Berhitung

Sulis Widiyanti, S.Pd Guru SD Negeri 1 Dawuhan Kecamatan Wanayasa Banjarnegara
Sulis Widiyanti, S.Pd Guru SD Negeri 1 Dawuhan Kecamatan Wanayasa Banjarnegara

JATENGPOS.CO.ID, – Dari dulu hingga sekarang, pelajaran matematika masih menjadi raja dari semua mata pelajaran. Istilah raja disini dikenal karena matematika merupakan pelajaran yang sulit menurut sebagian besar orang dan mempelajarinya butuh ketelatenan dan keseriusan yang luar biasa.Matematika merupakan suatu pelajaran yang tersusun secara runtut, logis, berjenjang dari yang paling sederhana hingga yang paling komplek. Dengan demikian, pelajaran matematika tersusun sedemikian rupa dimana pengertian terdahulu lebih mendasari pengertian berikutnya.

Pelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar yang paling mendasar adalah berhitung dengan pengoperasiannya, yaitu : penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Untuk penjumlahan dan pengurangan sebagian besar siswa SD tidak mengalami kesulitan dalam pengerjaannya, tapi untuk perkalian sebagian besar siswa masih merasa kesulitan. Demikian juga untuk pembagian banyak siswa yang kesulitan apalagi jika perkalian belum mereka kuasai. Salah satu strategi yang sangat efektif bagi guru agar siswa lebih cepat mengerjakan soal yang berhubungan dengan perkalian adalah melalui model halian.

Halian adalah kepanjangan dari menghafal perkalian. Menghafal adalah proses mengulang sesuatu dari yang dilihat atau didengar. Jadi menghafal perkalian adalah proses mengulang penjumlahan berulang sebuah bilangan yang telah dipelajari. Halian bukan perkara mudah harus ada cara khusus yang bisa membuat siswa lebih mudah memahaminya diantaranya melalui tabel phytagoras. Tabel phytagoras menjadikan siswa menemukan hal menarik untuk menyelesaikan perkalian. Sekaligus membantu anak mempelajari fakta-fakta perkalian dengan mudah dan cepat.

Keuntungan dari tabel phytagoras siswa bisa menciptakan pola sendiri dalam menghafal perkalian sehingga mereka akan lebih mudah menghafalnya. Halian bisa menjadi strategi yang sangat efektif karena pada saat siswa menemui soal matematika yang membutuhkan perkalian mereka tidak perlu menghitung lagi dari awal sehingga soal akan terselesaikan lebih cepat.

Metode menghafal perkalian akan sangat efektif dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai atau setelah selesai berdoa. Cara yang dilakukan bisa bermacam-macam, misalnya : menghafalkan perkalian bersama-sama, guru menunjuk beberapa siswa untuk maju di depan kelas menghafal perkalian, atau guru memberikan beberapa soal perkalian yang harus di jawab siswa dengan waktu yang terbatas.

Trik menghafal perkalian untuk siswa dijenjang lebih rendah bisa dilakukan dengan bernyanyi, sehingga siswa tidak merasa bosan dan cepat hafal. Tidak perlu menciptakan lagu baru, cukup lagu yang sudah biasa didengar siswa guru tinggal mengubah liriknya. Jangan terlalu banyak menghafal dalam sehari, sedikit demi sedikit yang penting siswa bisa bisa merasa senang dalam  menghafalkan perkalian dan tidak menjadi beban bagi mereka.  Siswa yang merasa terbebani akan membuat mereka tertekan dan kurang tertarik terhadap pelajaran matematika terutama perkalian.

Jadi, ketika halian telah dikuasai siswa pembelajaran matematika lainnya seperti kuadrat akan lebih mudah dipahami siswa. Jadikan pelajaran matematika terutama perkalian menjadi pelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam artian pengerjaan soal yang membutuhkan perkalian terutama pada kelas atas siswa tidak lagi harus menghitung ulang karena siswa sudah hafal perkalian diluar kepala.

Sulis Widiyanti, S.Pd

Guru SD Negeri 1 Dawuhan

Kecamatan Wanayasa Banjarnegara