Beranda Headline Harga Cabe Merangkak Ini Penyebabnya

Harga Cabe Merangkak Ini Penyebabnya

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, PURWOKERTO – Harga cabai rawit merah di Pasar Wage, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali naik dan saat ini mencapai Rp35 ribu per kilogram akibat minimnya pasokan dari petani.

“Kenaikan harga cabai rawit merah berlangsung secara bertahap dalam satu pekan terakhir dan sejak kemarin (19/12) naik dari Rp32 ribu/kg menjadi Rp35 ribu,” kata salah seorang pedagang cabai, Sutirah di Pasar Wage, Purwokerto, Rabu.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai rawit merah disebabkan minimnya pasokan dari petani akibat tingginya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut dia, pasokan cabai rawit merah itu berasal dari Temanggung dan Magelang.

“Beberapa hari kemarin sempat tidk ada pasokan akibat hujan terus. Giliran ada pasokan, barangnya cuma sedikit,” katanya.

Kendati harga cabai rawit merah cenderung naik, dia mengatakan harga cabai rawit hijau justru relatif stabil pada kisaran Rp22 ribu–Rp23 ribu/kg.

Demikian pula dengan harga cabai merah besar bertahan pada kisaran Rp35 ribu/kg dan cabai merah keriting berkisar Rp34 ribu-Rp35 ribu/kg.

Sementara itu di Pasar Manis, Purwokerto, harga cabai merah besar dan cabai merah keriting cenderung naik.

“Harga cabai merah besar maupun cabai merah keriting naik dari Rp35 ribu/kg menjadi Rp38 ribu. Kenaikan harga ini akibat kondisi cuaca tidak menentu, sering hujan sehingga pasokan berkurang,” kata salah seorang pedagang, Yuni.

Akan tetapi, kata dia, harga cabai rawit merah justru turun dari Rp30 ribu/kg menjadi Rp25 ribu sedangkan cabai rawit hijau bertahan pada kisaran Rp25 ribu/kg. (drh/ant)


BERBAGI