Beranda Ekonomi Harga Elektronik “Sementara” Belum Naik

Harga Elektronik “Sementara” Belum Naik

48
LARIS- Penjualan produk Air Purifier (pembersih udara), Kulkas berkapasitas besar Side by Side, dan Chest Freezer melonjsk. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Dampak Covid-19 yang berkepanjangan telah membuat perusahaan industri elektronik Indonesia mulai khawatir. Hal ini karena komponen industri elektronik 60 persen masih tergantung impor.

Praktisi bisnis ritel elektronik yang juga Managing Director Global Elektronik, Gouw Andy Siswanto, mengatakan, beberapa komponen bahkan masih di impor dari Tiongkok, diantaranya komponen panel LED dan motor untuk lemari es. Komponen tersebut ada yang harus di impor dengan menggunakan kargo pesawat terbang, karena kapal barang dari Tiongkok tidak mudah bersandar di pelabuhan dan harus melalui pemeriksaan (bebas Covid-19).

“Imbasnya, industri elektronik ikut terganggu, sehingga perlu ada penyesuaian harga (naik) berkisar 5-8 persen. Namun di Global Elektronik, harga sementara belum naik,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, segera beli barang elektronik sebelum harga naik. Beli sekarang di Superstore Global Elektronik Semarang berarti lebih hemat 5-8 persen, plus promo harga heboh Ramadhan Spektakuler 2020.

“Disediakan berbagai merchandise premium seperti T-Shirt, Payung, Traveling Bag, Clutch, dan Topi. Sambutlah bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah (24-25 Mei) dengan belanja produk-produk pilihan harga terjangkau,” ujarnya.

Menurutnya, permintaan elektronik berpotensi tetap tumbuh. Hal ini dapat dilihat dari penjualan elektronik yang terus melonjak pada produk Air Purifier (pembersih udara), Kulkas berkapasitas besar Side by Side, dan Chest Freezer.

“Produk Air Purifier, TV layar lebar, Kulkas Side by Side, dan Chest Freezer paling banyak dicari oleh pembeli sekarang ini. Sedangkan Air Purifier karena untuk menetralisir jamur, bakteri dan virus dengan Ion Plasmacluster patent Sharp Jepang,” ungkapnya.

Sharp air purifier terbaru adalah Intelligent Air Purifier with AloT Function FP-J80Y-H. Seri terbaru ini memiliki daya jangkau yang lebih luas dari seri terdahulunya. Tanpa remote, penggunanya cukup mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan terkoneksi melalui smart phone.

Selain itu, saat ini banyak pelanggan yang meng-up grade ukuran TV ke inci yang lebih besar. Bagi warga yang tinggal di rumah sesuai anjuran pemerintah, di rumah perlu ada hiburan sehingga membutuhkan TV layar lebar yang lebih nyaman.

Sony TV LED tipe KDL48W650D bisa menjadi pertimbangan dimiliki. TV ini punya desain frame tipis tapi tetap memberikan fokus menonton yang menyenangkan. Ditambah lagi dengan beberapa tombol minimalis yang bisa membantu penggunanya. Juga dilengkapi dengan fitur Wi-fi nirkabel, sehingga jika ingin menonton film secara streaming, tidak perlu menancapkan banyak kabel.

Sementara untuk dapat menyimpan makanan dalam jumlah banyak di saat Covid-19, tak sedikit konsumen membeli Kulkas 2 pintu dan lemari es Side by Side yang berkepastas besar. Hal ini agar tak seing-sering ke luar rumah untuk membeli makanan.

Samsung Kulkas 2 Pintu RT19M300BGS bisa menjadi pilihan. Bagian rak dari kulkas ini mengusung material tempered glass yang kuat dengan kapasitas menampung muatan hingga 150 kg. Kulkas ini dilengkapi dengan Vege Box yang bisa memisahkan bahan makanan selain sayur dan buah sehingga kesegaran maupun rasanya tak akan tercampur dengan aroma makanan lain.

Produk Chest Freezer pun tak luput dari sasaran konsumen. Produk ini banyak dibeli karena untuk menyimpan daging, ikan, dan keperluan lainnya. Chest Freezer bran IKEDA tipe ICF-200, misalnya, dapat menyimpan makanan beku (frozen food) seperti Ice cream, daging beku, seafood, nugget, french fries, dan lain-lain. Freezer ini memiliki suhu hingga 30 °C sehingga produk yang disimpan menjadi lebih tahan lama dan kesegaranya terjaga.

“Semua produk tersebut tersedia di 5 Outlet Superstore Global Elektronik, dapat dimiliki dengan mudah dan harga lebih murah dibanding toko lain,” tandasnya.(aln)