Beranda Jateng Solo Hari Pelanggan Nasional, BPJAMSOSTEK Klaten Sediakan Drive Thru untuk Jaminan Pensiun

Hari Pelanggan Nasional, BPJAMSOSTEK Klaten Sediakan Drive Thru untuk Jaminan Pensiun

13
Layanan "drive thru" yang diberikan oleh BPJAMSOTEK Kantor Cabang Klaten

JATENGPOS.CO.ID, KLATEN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Klaten menyediakan fasilitas “drive thru” atau tanpa turun dari kendaraan untuk pelayanan Jaminan Pensiun (JP) berkala khusus di Hari Pelanggan Nasional Tahun 2020.

“Hari Pelanggan ini diperingati setiap tanggal 4 September. Untuk tahun ini BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Klaten memperingatinya secara berbeda, yaitu dengan menambahkan fasilitas ‘drive thru’ untuk layanan JP berkala,” kata Kepala Bidang Pelayanan sekaligus Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Klaten Dian Kusuma Rengganis di Klaten, Jumat.

Oleh karena itu, untuk tahun ini pihaknya mengadakan layanan “drive thru” selama dua hari, yaitu 4 dan 7 September 2020.

Meski demikian, dikatakannya, saat ini pelayanan tersebut baru bisa dilakukan untuk JP berkala mengingat prosesnya yang cukup cepat.

“Untuk pelayanannya sendiri hanya butuh waktu sekitar delapan menit. Dimulai dari loket pertama peserta melakukan ‘scan’ data, selanjutnya di loket kedua menunjukkan berkas asli dan wawancara dengan petugas kami. Setelah itu peserta bisa pulang, semua bisa dilakukan oleh peserta tanpa turun dari kendaraan,” katanya.

Ia mengatakan meski saat ini antrean pengurusan JP berkala tidak sebanyak JHT, dengan sistem tersebut cukup bisa mengurangi antrean para peserta di Kantor BPJAMSOSTEK.

“Harapannya sistem ini memungkinkan untuk diterapkan pada semua program tetapi memang harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lebih memadai. Yang pasti untuk saat ini kami berupaya meminimalisasi orang untuk datang ke sini. Meskipun sebetulnya ketika mereka datang ke sini tetap kami layani namun petugas tidak ada kontak fisik dengan peserta karena wawancara kan dilakukan melalui komputer,” katanya.

Selain kegiatan tersebut, pada Hari Pelanggan Nasional Tahun 2020 yang bertemakan “Peduli di Masa Pandemi” itu, pihaknya berupaya terus mendukung upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Beberapa upaya yang dilakukan di antaranya membagikan masker, memberikan edukasi tentang COVID-19 oleh Satgas COVID-19, dan edukasi cuci tangan kepada peserta BPJAMSOTEK. (fid/ant)