JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG  – Gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2017 akan berlangsung pada Sabtu ini (14/10) di Lanud Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta. Event yang sudah menjadi ajang ‘lebarannya’ seluruh bikers Honda dari seluruh Indonesia ini akan dibanjiri oleh setidaknya 20.000 bikers, termasuk ratusan bikers dari Jawa Tengah yang siap tarik gas ke HBD 2017.

Sejalan dengan hal tersebut, Main Dealer Astra Motor Jateng mengadakan sosialisasi terkait cari aman pada saat melakuka perjalanan ke Honda Bikers Day 2017 kepada perwakilan paguyuban komunitas Honda di Semarang pada hari ini (13/10/2017). Sosialisasi ini diadakan untuk mengingatkan kembali kepada para bikers di Jateng untuk tetap mengutamakan keamanan berkendara pada saat turing ke HBD 2017.

Perwakilan ‘pentolan’ komunitas motor Honda dari berbagai wilayah di Jateng guyub di kantor Astra Motor Jateng. FOTO : DOK. ASTRA MOTOR JATENG/JATENGPOS

Corporate Communication Astra Motor Jateng Muhammad Ryan Ayubi mengatakan bahwa kegiatan HBD sudah 9 kali diadakan di Indonesia, dan sudah menjadi agenda wajib untuk para bikers. Untuk itu, pihaknya memprediksi bahwa dari Jawa Tengah akan banyak yang melakukan perjalanan kesana atas nama solidaritas.

“Setidaknya ada lebih dari 100 komunitas yang terdaftar dibawah naungan beberapa paguyuban Honda di Jateng, pasti hampir setengahnya gas ke HBD 2017 karena lokasi yang cukup dekat. Untuk itu kami adakan sosialisasi melalui paguyuban motor Honda beberapa wilayah, untuk mengingatkan agar tetap cari aman saat ke HBD 2017,” ujar Ryan Ayubi menjelaskan.

Berbagai macam pembekalan terkait cari aman saat turing ke HBD 2017 disampaikan oleh Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto kepada beberapa perwakilan paguyuban sepeda motor Honda yang ada di Jawa Tengah. Hal ini sangat diperlukan demi keselamata para riders dan juga mengingat jarak yang ditempuh para riders sangat jauh.

Pada kesempatan yang sama, Honda Jateng juga memperkenalkan jalur utama dan alternatif  untuk menuju lokasi. Hal ini dilakukan demi keamanan serta rasa nyaman para bikers dari Jawa Tengah.

Selain pengenalan rute, Oke juga mengingatkan beberapa teknik turing yang baik. Mulai dari formasi rombongan saat turing, persiapan aja yang perlu dilakukan, dan bagaimana berkomunikasi yang baik saat turing dengan jumlah motor yang tidak sedikit.

“Kami himbau untuk jangan lupa pakai perlengkapan yang aman. Helm, sarung tangan, jaket, serta sepatu itu wajib. Kami refresh kembali kode-kode yang bisa digunakan guna berkomunikasi pada formasi turing,” ujar Oke.

Honda Jateng juga memberikan materi Basic Life Support kepada para pentolan bikers dari berbagai wilayah di Jawa Tengah tersebut. Mulai dari mempersiapkan perlengkapan P3K apa yang perlu dibawah, hingga bagaimana harus bersikap saat terjadi kecelakaan atau menolong korban laka dengan cepat dan tepat. (ril/mg8)