Beranda Sekolah Hebat Opini Guru IG Tumbuhkan Kreatifitas Pembuatan Caption Siswa

IG Tumbuhkan Kreatifitas Pembuatan Caption Siswa

BERBAGI
TITIN HERWINA WIJAYANTI, S.Pd.,M.Pd_GURU BAHASA INGGRIS SMA N 1 BOJA
TITIN HERWINA WIJAYANTI, S.Pd.,M.Pd_GURU BAHASA INGGRIS SMA N 1 BOJA

JATENGPOS.CO.ID, – Salah satu tolok ukur keberhasilan pembelajaran sering diidentikkan dengan pemerolehan hasil belajar peserta didik, jika banyak yang sudah tuntas maka pembelajaran berhasil dan sebaliknya jika banyak peserta didik yang belum tuntas memenuhi kriteris minimal maka pembelajaran belum berhasil. Tetapi yang prinsip dalam pembelajaran sebenarnya prosesnya, perubahan sikapnya, pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, sehingga akan tercapai pula nilai yang memenuhi kriteria minimal. Terjadinya hubungan yang saling berkesinambungan antara proses dan hasil belajar peserta didik  merupakan bagian dari tanggungjawab seorang guru. Maka sebagai guru sedapatmungkin mampu mengelola proses belajar mengajar degan baik sehingga berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar peserta didiknya.

Dalam proses pembelajaran tentu terdapat seperangkat rencana pembelajaran termasuk didalamnya materi, pemilihan metode, pemanfaatan media, sarana prasarana yang tersedia lengkap dengan soal yang hendak diujikan pada peserta didik. Monotonnya media yang digunakan oleh bapak/ibu guru membuat peserta didik kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajarannya. Dengan maraknya media sosial yang berkembang saat ini, maka penulis memilih pemanfaatan media sosial untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik. Banyaknya pilihan media sosial yang ada baik dari faceebook, BBM, WA, Blog dan Instagram (IG) dan sebagainya. Pemilihan IG ( instagram) sebagai  media tepat dalam membelajarkan materi text penyerta gambar (Caption).

Melalui media gambar dalam instagram merupakan media visual. Informasi yang dikemas dalam gambar dapat berupa foto, grafik, diagram maupun chart didukung dengan tulisan frase/ kalimat yang bermakna. Mudahnya penggunaan media instagram ini karena hampir seluruh peserta didik sudah memanfaatkan media sosal instagram. Variatifnya gambar-gambar dalam instagram ini sangat menginspirasi bagi peserta didik dalam menyelesaikan tugas bahasa Inggris terutama materi caption. Sehingga kompetensi menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari tekspenyertagambar, sesuai dengan konteks penggunaannya akan  tercapai.

Pada proses pembelajaran ini guru menanyakan pengalaman peserta didik dalam berbahasa inggris (social chat). Kemudian guru memintapesertadidikuntukmengamativideo yang diperlihatkan oleh guru,  dilanjutkan dengan menanyakankepadasiswa (sebagairangsangan) tentangisi video dengan menanyakan;What do you think about the video?,What did they talk about?,Guess what they say?. Pesertadidikjugamengamatitekspenyertagambardari slide yang diambilkan dari instagram. Peserta didik mengamati kosa kata danunsurunsurkebahasaan yang dipakaidalamtekspenyertagambar yang di tayangkandalaminstagram. Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati danmembaca tekspenyertagambar yang terdapatdalaminstagram. Setelah kegiatan tanya jawab, guru memfasilitasi siswa untuk menemukan jawaban dengan cara melakukan  studi literatur dan mendengarkan penjelasan guru.

Pembelajaran akhir guru memberikan penugasan  untuk membuat caption yang sesuai hasil krestifitasnya. Terlihat bahwa terjadi hasil yang signifikan pembelajaran menggunakan media instagram terhadap hasil karya caption peserta didik. Oleh karena pemanfaatan media sosial sangat diminati peserta didik. Pemanfaatan media instagram  ini akan berpengaruh besar terhadap suasana pembelajaran yang berlangsung juga hasil penciptaan caption yang variatif dan menarik serta terdapat penyusunan kalimat yang penuh makna.

TITIN HERWINA WIJAYANTI, S.Pd.,M.Pd_GURU BAHASA INGGRIS SMA N 1 BOJA
BERBAGI