Beranda Utama Ini Dia Sosok Suyitno, S.P, Distributor Depo Air Minum Isi Ulang Terbaik...

Ini Dia Sosok Suyitno, S.P, Distributor Depo Air Minum Isi Ulang Terbaik di Indonesia

612
BERBAGI
Suyitno, S.P pengusaha distributor Depo Air Minum Isi Ulang. FOTO:MILA/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID. KUDUS- Bisnis Air isi ulang kini kian menjamur. Bisnis yang dulu dipandang sebelah mata ini ternyata bisa memberi penghasilan besar. Mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta per bulan. Peluang usaha ini yang kemudian dibidik Aqualux Duspha Abadi dengan menjadi distributor Depo Air Minum Isi Ulang.

Sukses diraih Suyitno, S.P menjadi distributor depo air minum isi ulang, Aqualux Duspha Abadi tidaklah semudah orang membayangkan. Perlu kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh untuk mewujudkan. Terutama dalam hal menghadapi tantangan yang pada awal-awal usaha sering kali muncul.

Suyitno yang berlatar belakang pendidikan Sarjana Pertanian (S.P) ini sempat gamang ketika pertama kali mengawali kerja tahun 1997 sebagai sales perabotan rumah tangga elekronik di Banjarmasin, Kalimantan. Namun berkat kegigihan dalam menawarkan barang yang didistribusikan, keyakinannya untuk menjadi wiraswastawan semakin menguat.

“Saya sempat malu masak Sarjana Pertanian pekerjannya menawarkan barang. Tapi karena hasil dari penjualan cukup menjanjikan, saya buang jauh-jauh rasa malu itu. Justru memacu saya untuk dapat meraih omset penjualan lebih banyak,” ujarnya kepada Jateng Pos di ruang kerjanya di Aqualux Duspha Abadi Jl. Lingkar Ngembal No.36 Ngembalrejo, Kudus.

Suyitno merasa cocok menjalani bisnis penjualan ini hingga tidak sampai setahun ia dinobatkan oleh perusahannya sebagai Salesman Terbaik se-Indonesia. Karier dia langsung menanjak hingga ditunjuk sebagai pimpinan cabang. Namun karena krisis moneter pada pada tahun 1998 – 1999 perusahaannya tutup.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan kembali ke pulau Jawa dan sempat bekerja di Semarang juga sebagai salesman. Pendapatan yang dikumpulkan dari hasil menjadi sales sempat digunakan untuk membuka mebel namun bangkrut. Baru pada tahun 2010 dia kembali menjadi sales, namun kali ini mendistribusikan alat air panas (Water Heater) dan air RO keluarga.

Pekerjaan ini dirasa prospeknya cukup menjanjikan. Terlebih lagi timingnya tepat, bersamaan Wakil Presiden Yusuf Kalla saat itu meluncurkan program peralihan penggunaan minyak tanah ke gas elpiji. Ia berpikir  adanya situasi ini membuat orang malas memasak, karena takut meledak dan memilih beli air isi ulang.

Melalui berbagai pemikiran lebih mendalam, secercah harapan pun berhasil ditangkap Suyitno. Bahwa banyak pengelola usaha kecil untuk memanfaatkan peluang berjualan air isi ulang, meski modal yang dikeluarkan lumayan tinggi.

“Saya menangkap ada prospek cukup besar pada bisnis air ulang. Tidak lain karena air merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Karena setiap hari mereka harus minum sesuai kapasitas yang dibutuhkan,” paparnya.

Sedangkan gaya hidup masyarakat saat ini, lanjut Suyitno, ingin serba instan termasuk dalam hal kebutuhan air minum. Mereka tak mau direpotkan harus memasak terlebih dulu, apalagi sampai harus memasak dengan menggunakan kayu bakar.

Sampai kemudian pada tahun 2011 ia mendapat tantangan dari sebuah yayasan pondok pesantren untuk dibuatkan depo air. Ia sempat ragu karena tidak tahu caranya, namun beliau terus meyakinkan kalau saya bisa.

Berkat ketekunannya belajar dan mencari tahu, dia berhasil mewujudkan keinginan tersebut berkat belajar dari internet. Sejak saat itu ia mantap untuk menekuni bisnis distributor depo air minum isi ulang, dan mulai diwujudkan bulan Mei tahun 2012.

Grafik perkembangan usaha yang dikelola meningkat pesat. Dari semula mobil untuk keliling masih menyewa ia mampu membeli sendiri. Kantor yang semula belum punya kantor, dalam kurun dua tahun tepatnya pada tanggal 1 Maret 2014 ia remi memiliki kantor sendiri dengan ukuran cukup luas.

Staf dan karyawan Aqualux Duspha Abadi berfoto bersama di kantor pusat di Kudus.

Jumlah karyawan juga terus bertambah pada tahun 2015 ia sudah memiliki 50 orang karyawan. Dan, saat ini sudah memiliki 5 Kantor Cabang, yakni kantor pusat Kudus, kantor cabang Solo, Semarang, Gresik (Surabaya), dan yang baru dibuka kantor cabang Tangerang, Jawa Barat.

Obesesi terbesar yang kini tengah menuju untuk meraihnya, Aqualux Duspha Abadi ingin menjadi perusahaan distribusi depo air isi ulang dan jasa pendukungnya yang memiliki jaringan pemasaran terbesar, dan terbaik di Indonesia. Menjadi perusahaan yang terpercaya meliputi SDM, keuangan, teknologi dan informasi serta sumber daya fisik.

“Aqualux Duspha Abadi akan senantiasa berusaha memberikan yang terbaik untuk menjadi salah satu distributor depo air minum isi ulang, produk dan jasa pendukung kami yang terbesar, terbaik dan terpercaya di Indonesia. Melalui kerja keras mudah-mudaha kita akan mampu mewujudkannya,” tegasnya.

Sedangkan jenis pengadaan depo yang dilayani yakni perangkat depo air mineral dan RO, spare part, depo aor isi ulang, galon, tutup galon, tissue, segel galon, dan tangkir air.  Pembiayaan untuk pengadaan alat-alat tersebut dilayani secara cash dan kredit.Suyitno menyebutkan Aqualux Duspha Abadi (Aqualux Water Purifier) mengajak pelaku bisnis untuk bergabung untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis air minum isi ulang. Pihaknya siap melayani mulai pengadaan, perakitan, pelatihkan hingga perawatan dengan melakukan kunjungan ke lokasi bisnis.

Aqualux Duspha Abadi telah mendapatkan sertifikasi paten sederhana dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kategori Tangki Air dengan Lapisan Anti-Bakteri, sertifikat produk penggunaan tanda SNI (SNI Marking Certificate), teruji berdasarkan pemeriksaan bakteriologi dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah, dan lain-lainya.

Aqualux Duspha Abadi telah memiliki cabang di berbagai daerah. Kantor Pusat: Jl. Lingkar Ngembal No.36 Ngembalrejo, Kudus, telepon 081325930030. Kantor Semarang: Ruko Emerald Blok D/15 Meteseh, Tembalang, Semarang, HP 08164245739. Gresik: Jl Raya Waringin Anom no. 70 Kedunganyar, Gresik, HP 081252415497.

Atas kesuksesan serta prestasi yang diraih Aqualux Duspha Abadi tersebut, Harian Jateng Pos (Grup Jawa Pos) memberikan penghargaan Jateng Pos Award 2017 sebagai “Distributor Depo Air Minum Isi Ulang Terbaik di Indonesia”. Penghargaan sebagai wujud apresiasi dan motivasi kinerja perusahaan yang telah menginspirasi masyarakat luas. (mila/muz)

BERBAGI