Beranda Jateng Solo Ini Pesan Mendikbud Pada 770 Maru Univet Yang Ikut PKKMB Daring

Ini Pesan Mendikbud Pada 770 Maru Univet Yang Ikut PKKMB Daring

43
Pelaksanaan PKKMB yang digelar Univet Sukoharjo secara daring.

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantar) Sukoharjo menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring, Selasa (22/9).

Di hadapan 770 mahasiswa baru Univet, secara daring, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan pesan khusus.

“Metode pembelajaran berbasis teknologi, termasuk pembelajaran secara daring menjadi suatu hal yang harus kita adaptasikan dan kembangkan, seiring dengan dinamika adaptasi kurikulum yang perlu dilakukan oleh pihak perguruan tinggi,” tutur Nadiem dalam siaran daring yang dibuat khusus untuk PKKMB perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

Filosofi tersebut mendasari transformasi kebijakan Kemdikbud Merdeka Belajar, terutama Kampus Merdeka yang memerdekakan pendidikan untuk meningkatkan budaya pembelajaran dan inovasi, yang bisa memantik growth-mindset generasi penerus bangsa.

Perguruan tinggi didorong untuk lebih adaptif dalam melakukan transformasi kurikulum sesuai kebutuhan nasional dan kebutuhan global, serta disesuaikan dengan karakteristik yang lazim di Indonesia.

Sementara, Rektor Univet Prod Ali Mursyid mengatakan pihaknya memaksimalkan ruang daring dalam kegiatan PKKMB.

“PKKMB selama 3 hari masing-masing 3 jam saja. Jadwal kami buat padat namun kita konsep segar dengan guyonan trio Karjo Makmur Minul,” kata Prof Ali, usai membuka PKKMB, Selasa.

Acara pun dikemas dengan segar, diselingi informasi mengenai Univet dan semua fasilitas dengan guyonan. Model wawancara dengan santai. Hingga sebanyak 770 mahasiswa baru dari 6 Fakultas dan 21 jurusan, bisa mengikuti materi yang disampaikan selama tiga hari dengan serius tapi santai.

Materi yang diberikan hari pertama berupa Sistem pendidikan tinggi, kampus merdeka, Nilai budaya, etika, tata krama, norma kehidupan kampus, dan sarpras, Pembinaan bela negara dan Pengenalan BEM DEMA.

Hari kedua Pembinaan pembelajaran mahasiswa (general education) dan kiat sukses motivasi belajar akademik, Sistem informasi akademik Univet Bantara, PT di era revolusi industri 4.0 dan pembelajaran jarak jauh, anti narkoba dan Pembentukan karakter mahasiswa.

Hari ketiga Protokoler kesehatan di lingkungan kampus, Kegiatan mahasiswa dan Ormawa dan Pengenalan Ormawa. (Dea)