Beranda Jateng Jaga Kebugaran, Petugas Pemilu di Karanganyar Diperiksa Kesehatan

Jaga Kebugaran, Petugas Pemilu di Karanganyar Diperiksa Kesehatan

68

JATENGPOS.CO.ID, Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Puskesmas kecamatan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemungutan kecamatan (PPK) Pemilu 2019 untuk menjaga kesehatan agar tetap prima.

Berdasarkan pantauan di PPK Colomadu Karanganyar, Selasa, menyebutkan, sejumlah tim kesehatan dari Puskesmas Colomadu 1 sedang melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada petugas KPPS, PPS dan PPK termasuk petugas keamanan dari Polri dan TNI yang jaga.

Sumarmo, anggota PPS Bolon Colomadu mengaku memanfaatkan adanya pemeriksaan kesehatan gratis dari tim dokter Puskesmas Colomadu. Kondisi fisik kurang enak dan terasa pusing, karena kelelahan bekerja lembur dalam pelaksanaan penghitungan suara di Desa Bolon.

“Saya memanfaatkan kesempatan ini, untuk memeriksakan kesehatan, karena kelelahan setelah melakukan rekap surat suara di tingkat PPS dan kini di PPK Colomadu,” kata Sumarmo.

Menurut dia, PPS Bolon sudah melakukan rekap surat suara, dan kemungkinan di tingkat PPK Colomadu dapat rampung, Selasa sore ini.

Heru Sediarto, Divisi Penghitungan dan Rekap Surat Suara PPK Colomadu mengatakan dari lima dari 11 desa sudah di Kecamatan Colomadu sudah diselesaikan. PPK sekarang sedang proses penanganan rekap untuk tiga desa. Jadi masih ada tiga desa yang belum diproses.

“Kami targetkan Dua haru ke depan sudah selesai seluruhnya, ” katanya.

Menurut dia, selain anggota PPK yang melakukan penghitungan dan rekap suat suara juga dibantu PPS terkait sehingga tiap desa ada delapan orang, dan dibantu Paswaslu.

Ia mengatakan pihaknya menyambut baik tim kesehatan yang membatu cek kesehatan para petugas PPS dan PPK termasuk aparat keamanan yang bekerja secara maraton ini. Kegiatan perngobatan gratis bagi anggota KPPS, PPS, dan PPK itu sangat membantu Karena mereka ada yang kesehatannya menurun akibat lembur.

Mengenai pemeriksaan kesehatan petugas Pemilu tersebut, kata dia, atas perintah Bupati Karanganyar Juliatmono, untuk menyikapi kondisi yang berkembang. Bupati menyampaikan untuk diadakan kegiatan pemeriksaan di setiap Kecamatan oleh Puskesmas.

“Saya melihat anggota PPK Colomadu dari lima orang ada yang kondisinya drop karena kelelahan. Pada kegiatan penghitungan dan rekap surat suara di tingkat PPK ini, dimulai pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB

Dokter Fatkha Rizqiana tim medis Puskesmas Colomadu 1 mengatakan petugas penyelenggaran Pemilu tersebut kebanyakan mengeluh sakit pusing kepala, badan kurang enak karena kelelahan.

“Pasien paling banyak diberikan vitamin agar daya tahan tubuh bisa meningkat termasuk nutrisinya. Pasien rata-rata kelelahan sehingga tensinya tinggi,” kata dokter Fatkha.

Menurut dia, jika pasien tersbeut dibiarkan kecapaian daya tahan tubuhnya bisa drop dan akan muncul penyakit. Jika ada riwayat gangguan jantung bisa terkena serangan.

“Kami melakukan pemeriksaan kesehatan ini, hanya untuk wilayah PPK Colomadu, sedangkan kecamatan lain ditangani Puskesmas setempat,” katanya. (fid/ant)