Beranda Semarang Januari 2018, Terminal Terboyo Dibongkar

Januari 2018, Terminal Terboyo Dibongkar

74
BERBAGI
Bangunan terminal Terboyo yang pernah menyandang sebagai terminal termegah di Jateng tidak lama lagi akan berakhir, seiring perubahan status menjadi terminal tipe C dan pangkalan truk. FOTO : SIGIT HERMAWAN/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Meskipun dinilai masih perlu banyak kajian, Dinas Perhubungan Kota Semarang sudah mulai melaksanakan pemindahan pemberhentian bus angkutan umum dari Terminal Terboyo. Semua armada dipindah ke Terminal Penggaron dan Terminal Mangkang.

Pemindahan pemberhentian bus AKAP dan AKDP dilakukan menyusul Terminal Terboyo yang pengelolaannya dari pemerintah pusat telah diambil alih oleh Pemerintah Kota Semarang. Selain itu statusnya berubah, menjadi hanya terminal tipe C dari sebelumnya bertipe A.

Dishub Kota Semarang membuat kebijakan bahwa untuk bus AKAP harus pindah pemberhantian ke Terminal Mangkang yang merupakan terminal tipe A. Sedangkan bus AKDP harus pindah di Terminal Penggaron yang tipe B yang berada di Kecamatan Padurungan.

‘’Pemindahan (bus ke Penggaron dan Mangkang) sudah berjalan, secara bertahap, kini sudah mulai berjalan lancer,’’ ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Mukhammad Khadiq, terkait penutupan Terminal Terboyo untuk bus AKAP dan AKDP yang diterapkannya sejak tanggal 1 Desember lalu tersebut, Kamis (7/12).

Dia menjelaskan, saat ini sampai dengan pertengahan Januari 2018, proses penutupan Terminal Terboyo untuk bus AKAP dan AKDP tahapnya adalah menyiapkan pembagian tempat bagi para pedagang atau pemilik kios yang ada di Terboyo. Mereka nantinya juga akan dipindahkan ke Terminal Mangkang dan Penggaron.

‘’Hari Rabu (6/12) kemarin sudah kita adakan pertemuan di Dishub, diambil kesepakatan bahwa pedagang dan pengurus PO bus diberi kesempatan sampai dengan pertengahan Januari masih (boleh) berjualan di Terboyo, sambil mereka menyiapkan lapak dan kios di Terminal Penggaron dan Mangkang,’’ ungkap Khadiq.

Menurutnya, pada pertengahan Januari sesuai dengan rencana juga nanti akan dilakukan pembongkaran selasar Terminal Terboyo. Artinya, paling lambat pada pertengahan Januari nanti pedagang dan bus harus sudah pindah ke Terminal Mangkang dan Penggaron.

Serdangkan terkait jumlah pedagang di Terminal Terboyo yang jumlahnya mencapai 148 sendiri, dia manyatakan pembagiannya berapa yang pindah ke Terminal Mangkang dan Penggaron masih dalam proses. (sgt)