Beranda Ekonomi Jasa Raharja Surakarta Sambut 112 Bis Mudik BUMN

Jasa Raharja Surakarta Sambut 112 Bis Mudik BUMN

BERBAGI
Kepala perwakilan Jasa Raharja Surakarta, Radito Risangadi, menyambut kedatangan pemudik  yang tergabung dalam 'Mudik Bareng Guyup Rukun BUMN' di terminal Tirtonadi Solo. Foto : Ade Ujianingsih/ Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Gelombang pemudik sudah memasuki sejumlah kota tujuan, termasuk di wilayah Solo dan sekitarnya. Temasuk rombongan pemudik yang tergabung dalam ‘Mudik Bareng Guyup Rukun BUMN’ di terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (9/6) malam dengan disambut langsung oleh Kepala perwakilan Jasa Raharja Surakarta, Radito Risangadi, beserta jajaran.

Pada program ‘Mudik Bareng Guyup Rukun BUMN’ tahun ini diikuti oleh 206 ribu pemudik yang diangkut dengan dua jenis transportasi, bis sebanyak 500 unit dan Kereta api. Yakni KA Jaka Tingkir tujuan Jakarta – Solo sebanyak dua rangkaian gerbong dan KA jurusan Surabaya Malang juga 2 rangkaian gerbong.

“Ini tahun keempat Program Mudik gratis BUMN, kali ini melibatkan 62 BUMN, dengan kota tujuan yang lebih banyak juga yakni 177 kota di Jawa dan Sumatera.” tandas Radito saat ditemui Minggu (10/6).

Untuk wilayah Jasa Raharja Surakarta, ada 112 unit bus yang merapat di tiga terminal yakni Terminal Tirtonadi sebanyak 73 bis, terminal Klaten 12 bis dan terminal Sragen 27 bis. Untuk kedatangan pemudik dengan KA Joko Tingkir tujuan Jakarta – Stasiun Purwosari sudah tiba sebelumnya, yakni pada 7 dan 8 Juni 2018, sebanyak 2 rangkaian gerbong. Yang kedatangan nya juga disambut oleh Kepala perwakilan Jasa Raharja Surakarta, Radito beserta kepala stasiun Purwosari.

“Tujuan utama kegiatan ini selain sebagai bakti BUMN pada masyarakat, juga bertujuan untuk meminimalisir kejadian kecelakaan selama masa arus mudik lebaran. Sejauh ini terpantau bisa mengurangi para pemudik motor. Dan mereka beralih menggunakan angkutan massal. Apalagi dengan ikut progtam mudik gratis BUMN ini, peserta mendapat fasilitas seperti baju, topi dan makan,” imbuh Radito.

Tidak hanya arus mudik, program BUMN ini juga untuk angkutan arus balik. Direncanakan atus balik untuk wilayah Solo Raya dipusatkan di Asrama Haji Donohudan pada 23 Juni 2018. Disediakan 70 bis untuk pemudik Solo Raya, termasuk cover area perwakilan Jasa Raharja Surakarta dan Jasa Raharja Sukoharjo.

Komitmen Layanan Nonstop

Pihak Jasa Raharja Surakarta juga menjamin layanan santunan tetap berjalan, tidak ada libur. Masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan proses santunan meskipun libur hari raya.

“Menjadi komitmen Jasa Raharja untuk nonstop memberikan layanan. Tidak ada libur, ada petugas piket. Selain itu selama ramadan Jasa Raharja juga berperan aktif seperti menggelar pengobatN gratis di terminal Tirtonadi dan sejumlah pool bis. Juga memasang spanduk himbauan tertib berlalu lintas di sejumlah jalan yang dilalui arus mudik.” tandas Radito. (dea/drh)