Beranda Semarang Jelang Reuni Akbar, Alumni SMPN I Ungaran Tabur Bunga di Makam Guru

Jelang Reuni Akbar, Alumni SMPN I Ungaran Tabur Bunga di Makam Guru

748
Panitia Reuni Akbar bersama alumni lintas periode dan guru SMPN I Ungaran melakukan ramah tamah setelah mengadakan ziarah dan doa bersama. FOTO: ABDUL MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID UNGARAN- Rangkaian kegiatan menjelang Reuni Akbar Alumni SMP Negeri I Ungaran yang akan dilaksanakan tanggal 29 – 30 Desember mendatang terus digiatkan. Kali ini, Panitia Reuni Akbar melakukan kegiatan doa bersama dan tabur bunga ke makam para guru SMPN I Ungaran yang sudah meninggal.

Kegiatan diadakan Kamis (14/12) kemarin diikuti puluhan alumni lintas periode, diawali mengadakan ziarah di makam guru. Ada dua titik yang dijadikan pusat tabur bunga, yakni makam almarhum Suyono di TPU Putatan, Kelurahan Sidomulyo, Ungaran Timur, dan almarhum Mijan di TPU Genuk, Ungaran Barat yang berada di belakang gedung DPRD Kabupaten Semarang.

“Sejak tahun 60-an jumlah guru kita yang sudah meninggal cukup banyak. Karena itu ziarah kita pusatkan di dua lokasi makam, untuk melantarkan doa-doa kami teruntuk para guru kami yang sudah meninggal dan dimakamkan di berbagai tempat,” ujar Ketua Panitia Reuni Akbar, Nurdin Makruf yang hadir dalam kegiatan tersebut kepada Jateng Pos, kemarin,

Melalui kegiatan  tersebut, Nurdin jelaskan, sebagai ungkapan bakti seluruh alumni kepada para guru, meskipun mereka sudah meninggal. Wujud hormat seluruh alumni kepada seluruh guru lintas angkatan, karena reuni diadakan melibatkan seluruh alumni lintas periode.

“Sebagaimana akhlaq seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya, maka bakti seorang murid kepada bapak ibu gurunya yang telah tiada, salah satunya adalah mendoakannya agar mereka diterima disisi Allah SWT “ jelas Nurdin Makruf

Diiringi rintik hujan yang membasahi areal pemakaman menjadikan suasana ziarah tampak khusyuk. Segenap alumni tertunduk khidmat mengikuti doa dan dzikir yang dipimpin Ustadz Zumroni, S.Ag yang juga mantan guru SMPN I Ungaran yang sudah purna tugas.

Usai menggelar doa bersama dan tabur bunga, selanjutnya para alumni bergegas menuju ke SMPN I Ungaran yang lokasinya tidak jauh dari kedua pemakaman tersebut. Kegiatan selanjutnya para alumni kembali menggelar doa bersama namun kali ini dilakukan bersama para guru dan para siswa yang diwakili pengurus OSIS SMPN I Ungaran.

Kepala SMPN I Ungaran, Sukardi mengaku terharu akan wujud bakti dan rasa hormat yang begitu besar ditunjukkan para alumni. Dia menyambut baik kegiatan doa dan dzikir tersebut, sekaligus mengapreasi dengan meminta para siswa yang masih aktif nantinya mengamalkan kebaikan seperti yang dilakukan para alumni.

“Semoga menjadi panutan dan teladan yang baik bagi para siswa kami di SMPN I Ungaran. Saya mendukung kegiatan yang besar sekali manfaatnya ini dalam rangka menuju Reuni Akbar. Semoga ini menjadi jalan suksesnya penyelenggaraan Reuni Akbar pada 29 – 30 Desember nanti,“ imbuhnya

Sementara itu, kegiatan  Road to Reuni Akbar sebelumnya sudah diadakan panitia bersama alumni, diantaranya pada bulan Agustus memberikan bea siswa kepada siswa tidak mampu, donor darah, menyumbang air bersih sebanyak 10 tangki di Bancak, membagikan sembako kepada yatim piatu dan janda.

Pada pertengahan bulan November dan awal Desember kemarin panitia mengadakan dua event besar yakni menggelar Senam Bugar Menuju Reuni Akbar di halaman SMPN I Ungaran, dan senam massal “Zumba Party” di Alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran. (muz/biz)