Beranda Edukasi Jelang USBN, Jam Belajar Ditambah

Jelang USBN, Jam Belajar Ditambah

36
BERBAGI
Siswa SDN Pati Kidul 1 sedang mengikuti pembelajaran di ruang kelas.

jatengpos.co.id PATI – Menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), SDN Pati Kidul 1 terus melakukan persiapan matang. Salah satunya dengan menambah jam belajar untuk siswa kelas VI.
Meski ada penambahan jam belajar untuk siswa kelas VI, namun hal itu tidak dilakukan setiap hari. Tujuannya agar siswa tidak merasa terbebani dengan banyaknya jam belajar.
“Untuk penambahan jam belajar, kita lakukan tiga kali dalam sepekan. Jika biasanya siswa kelas VI ini pulangnya pukul 12.30, maka untuk tiga hari dalam sepekan itu, siswa pulang pada pukul 14.00 WIB,” ujar Kepala SDN Pati Kidul I Rinasih.
Dengan adanya penambahan jam belajar tersebut, kata Rinasih, diharapkan peserta didik bisa mempersiapkan diri maksimal mengikuti pelaksanaan USBN mendatang.
Dalam penambahan jam belajar tersebut, siswa diberikan kisi-kisi dan latihan soal-soal. Baik hal itu mengulang soal-soal ujian pada tahun sebelumnya, atau soal-soal yang dibuat guru sendiri.
“Dengan latihan-latihan soal seperti itu, diharapkan siswa tidak mengalami kesulitan saat menghadapi soal ujian pada USBN mendatang. Pun demikian, hal seperti ini juga untuk mempersiapkan mental anak,” ungkapnya.
Menurut Rinasih, model soal USBN pada tahun ajaran 2017/2018 ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab untuk tahun ini, selain soal pilihan ganda, juga ada soal esay.
Meski demikian, Rinasih yakin adanya perubahan model soal tersebut, peserta didiknya mampu untuk mengerjakan.
“Kami berharap kepada orang tua siswa untuk memberikan dukungan kepada anak-anaknya yang bakal mengikuti ujian, agar lebih rajin belajar, guna menghadapi USBN,” pungkasnya.(edy)