Beranda Jateng Jembatan Kali Kuto Diresmikan Rabu

Jembatan Kali Kuto Diresmikan Rabu

BERBAGI
Pekerja menyelesaikan pembangunan Jembatan Kali Kuto berlangsung di ruas Tol Batang-Semarang di Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (9/6). PT Jasamarga Semarang Batang mengebut pengerjaan pembangunan jembatan pelengkung baja pertama di Indonesia sepanjang 160 meter agar target pengoperasian secara fungsional untuk arus mudik pada H-2 Lebaran dapat tercapai. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan bahwa Jembatan Kali Kuto akan diresmikan dan dibuka untuk umum pada Rabu (13/6) atau “H-2” Lebaran.

Pihaknya berharap dengan rampungnya pembangunan jembatan penghubung Tol Batang-Semarang itu dapat membuat arus mudik di tol fungsional menjadi lebih lancar.

“Sesuai dengan target bahwa hari ini (pembangunan jembatan) akan selesai. Rencananya besok akan diresmikan oleh Menteri PUPR. Mudah-mudahan bisa memperlancar arus kendaraan,” kata Irjen Royke dalam siaran pers, Selasa.

Hal tersebut dikatakan Royke saat meninjau arus mudik di Jembatan Kali Kuto, Kendal, Jawa Tengah.

Proyek pembangunan jembatan penghubung jalan Tol Batang-Semarang ini dikebut untuk bisa segera digunakan oleh para pemudik Lebaran 2018.

Sebelum pembangunan jembatan ini selesai, polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas yakni dengan mengalihkan kendaraan dari tol Batang-Semarang ke Exit Tol Gringsing dan kembali masuk ke tol Batang-Semarang setelah melewati jembatan Kali Kuto.

“Sekarang saja tidak ada antrian pada Exit Grinsing, hanya ada antrian satu-dua mobil, karena memang manuvernya menikung dan menurun. Kami memberlakukan ‘contra flow ‘di sisi lajur sebelah selatan. Ini cukup berhasil. Bayangkan yang keluar dari Grinsing ini arus (kendaraan) deras dari Jakarta, namun tidak ada hambatan,” katanya. (drh/ant)