Beranda Ekonomi Jepang Konsumen Terbesar Industri Plastik Indonesia

Jepang Konsumen Terbesar Industri Plastik Indonesia

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Dr Taufik Bawazier mengatakan Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 dunia. Ini dibuktikan dengan berkembangnya industri nasional khususnya plastik dan karet yang tengah membangun sinergi antar pihak terkait yakni pemerintah, produsen dan konsumen.

Terlebih lagi, pengembangan industri plastik menjadi salah satu industri prioritas yang ada dalam Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035, dimana pengembangan industri plastik diarahkan pada plastik untuk keperluan umum maupun khusus seperti bahan bangunan.

“Kami selalu memetakan pasokan kebutuhan produk plastik untuk bahan bangunan serta sebagai bahan penyusunan peta jalan,” kata Taufik Bawazier, di sela FGD Pengembangan Industri Plastik Hilir untuk Bahan Bangunan, di Hotel Santika Premiere Semarang, Selasa (15/5).

Dijelaskan, data ekspor 2017 menunjukkan ekspor pipa plastik nasional mencapai 14,86 ribu ton dengan nilai 56,04 juta USD. Sedangkan tingkat penjualan domestik berada di kisaran 550 ribu ton per tahun. Ekspor pipa plastik Indonesia terbesar ke Jepang dengan volume 4.400 ton senilai 13 juta USD.

“Secara umum industri plastik mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Plastik tidak hanya digunakan untuk pengemasan, melainkan juga sebagai bahan bangunan seperti atap, dinding, pipa, lantai, pintu dan jendela,” jelasnya.

Industri tersebut, lanjutnya, sangat prospektif seiring dengan berkembangnya sektor infra struktur dan pemukiman. “Untuk bahan-bahan bangunan pemukiman, ada industri nasional yang berbasis pada produk UPVC. Ini ke depannya sebagai alternati pengganti bahan kayu maupun logam,” imbuhnya. (aln/mar)