Beranda Jateng Pantura Barat Jepara Dinobatkan Pusat Sebagai Smart City

Jepara Dinobatkan Pusat Sebagai Smart City

19
BERBAGI
Wisatawan mengunjungi Museum RA Kartini di jalan Alun-alun Kota Jepara, Jawa Tengah (foto: Antara)

JATENGPOS.CO.ID, JEPARA – Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu kabupaten dan kota di Tanah Air yang berstatus “smart city”.

“Penetapan Kabupaten Jepara sebagai ‘smart city’ bersama puluhan kabupaten/kota di Tanah Air ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Pemkab Jepara dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI pada Selasa (8/5) di Hotel Redtop, Jakarta,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara Yoso Suwarno di Jepara, Rabu.

Ia mengatakan “smart city” merupakan program bersama antara Kemenkominfo, Kemendagri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan dengan tujuan agar pemda dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kabupaten/kota yang menandatangani MoU tersebut, katanya, berjumlah 50-an daerah, salah satunya Kabupaten Jepara.

Kabupaten Jepara, lanjut dia, diwakili Bupati Jepara Ahmad Marzuqi didampingi Sekda Sholih, Kepala Bappeda Jepara Sujarot, dan dirinya.

Ia mengatakan MoU tersebut merupakan bagian dari gerakan menuju 100 “smart city” yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.Melalui proses seleksi “assessment” pada 2017, terpilih 25 kabupaten/kota, sedangkan “assessment” lanjutan tahun ini terpilih 50 kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Jepara.

“Targetnya, tahun 2019 terdapat 100 kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai ‘smart city’ sehingga tahun berikutnya ditargetkan ada 25 kabupaten/kota lagi,” ujarnya.

Hanya saja, lanjut dia, hingga sekarang belum ada kriteria yang baku untuk kabupaten/kota yang disebut sebagai “smart city”. (hfd/ant)

BERBAGI