Beranda Jateng Kedu Jet Coaster Baru Taman Kyai Langgeng Siap Hibur Pengunjung Tahun Baru

Jet Coaster Baru Taman Kyai Langgeng Siap Hibur Pengunjung Tahun Baru

101
BERBAGI
Selain jet coaster, water boom di kompleks Taman Kyai Langgeng akan menjadi pembeda bagi pengunjung saat libur tahun baru. FOTO:WIWID ARIEF/JPNN

JATENGPOS.CO.ID. MAGELANG- Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng Kota Magelang terus memacu ketertarikan masyarakat untuk berwisata. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu memperbaharui wahana permainan yang ada di tempat wisata ikon Kota Sejuta Bunga itu.

Direktur PDOW Taman Kyai Langgeng, Edy Susanto mengaku target pengunjung selama tahun 2017 ini memang agak meleset dari perkiraan. Semula pihaknya mematok target 600 ribu pengunjung, namun hingga akhir tahun ini hanya terealisasi sekitar 90 persen saja.

Meski demikian, jumlah itu tetap lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun-tahun sebelumnya. Untuk diketahui, angka kunjungan ke Taman Kyai Langgeng pada tahun 2015 tercatat 552.147 orang, tahun 2016 sebanyak 561.394 orang, dan tahun 2017 sekitar 571.000 orang.

Ia mengatakan bahwa hasil yang tidak sesuai ekspetasi pihaknya itu dipicu karena beberapa faktor. Selain faktor internal Taman Kyai Langgeng, ada faktor eksternal yang dianggap sedikit menurunkan minat masyarakat berwisata yaitu faktor cuaca.

”Faktor internal memang kita tidak menampiknya karena Taman Kyai Langgeng tahun 2017 menjadi tahun gencar-gencarnya membangun wahana baru. Tetapi jangan juga abaikan faktor eksternal, terutama masalah cuaca yang tidak bisa kami prediksi,” kata Edy, saat dihubungi, kemarin.

Jika tahun 2017 menjadi tahun yang tidak begitu baik bagi Taman Kyai Langgeng, maka lanjut Edy, tahun 2018 menjadi gerbang pembuka meningkatnya tingkat kunjungan. Betapa tidak, karena wahana yang dibangun pada tahun 2017, tinggal beberapa hari saja sudah bisa dioperasionalkan.

Bahkan, pada libur tahun baru 2018, Senin (1/1) mendatang, pihak manajemen siap menggebrak pengunjung dengan sejumlah wahana baru. Tak heran, dengan lengkapnya fasilitas itu, pihaknya menargetkan 15.000 pengunjung datang, khusus pada saat tahun baru.

”Promosi sudah jauh hari kami gencarkan kalau di Taman Kyai Langgeng, pada saat tahun baru akan ada jet coaster mini, wahana waterboom, sepeda layang, orkes melayu, dan lainnya. Ternyata, animo masyarakat terhadap mini jet coaster ini sudah begitu tinggi. Mereka rajin bertanya kepada kami, kapan beroperasinya,” imbuhnya.

Dari situ saja, Edy sangat yakin, 15.000 orang akan menyemut di Taman Kyai Langgeng bukanlah hal yang absurd. Terlebih memang, tradisi perayaan tahun baru menjadi hari andalan bagi perusahaan milik Pemkot Magelang itu untuk memaksimalkan kunjungan, selain Lebaran dan liburan sekolah.

”Sekarang bersamaan dengan liburan sekolah, jadi kami yakin pengunjung yang ditarget ini sangat realistis,” tandasnya.

Terkait operasional jet coaster sendiri, sebut Edy, ada banyak perbedaan dengan wahana yang lebih dulu ada. Untuk saat ini, wahana ini dibangun dengan ketinggian sekitar 5 meter dan panjang 200 meter. Tidak hanya itu, sistem keamanan yang dipakai pun lebih baik dibanding jet coaster yang dinonaktifkan sejak tahun 2014 lalu.

”Kami juga akan mengundang kepolisian untuk memeriksa jet coaster mini yang akan dilaunching mulai perayaan tahun baru nanti. Yang paling diperhatikan adalah keamanan dan kenyamanan para pengunjung,” paparnya.

Keberadaan jet coaster ini sekaligus menjadi yang terbaru, setelah Taman Kyai Langgeng memvakumkan arena permainan adrenalin itu sejak tahun 2014 lalu karena kendala teknis. Selang empat tahun, barulah Taman Kyai Langgeng kembali mendatangkan wahana jet coaster, agar menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat wisata pemacu adrenalin. (wid/jpnn/muz)

BERBAGI