Beranda Ekonomi JNE Workshop Revolusi Saluran Distribusi

JNE Workshop Revolusi Saluran Distribusi

29
WORKSHOP- JNE bekerja sama dengan YukBisnis menggelar seminar 'Revolusi Saluran Distribusi', di Aula Fakultas Kedokteran Kampus Universitas Muhammadiyah Semarang, Jl. Kedung Mundu Semarang, Kamis (13/2/2020). FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS
WORKSHOP- JNE bekerja sama dengan YukBisnis menggelar seminar 'Revolusi Saluran Distribusi', di Aula Fakultas Kedokteran Kampus Universitas Muhammadiyah Semarang, Jl. Kedung Mundu Semarang, Kamis (13/2/2020). FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – JNE bekerja sama dengan YukBisnis menggelar program untuk mengedukasi wirausahawan tentang pengembangan bisnis di era digital. Kegiatan bertajuk seminar ‘Revolusi Saluran Distribusi’, digelar di 10 kota, mulai Februari – Maret 2020.

Kali ini, Semarang menjadi kota keempat penyelenggaraan. Dalam acara yang digelar di Aula Fakultas Kedokteran Kampus Universitas Muhammadiyah Semarang, Jl. Kedung Mundu Semarang, Kamis (13/2/2020) tersebut, 100 peserta yang hadir mendapatkan penjelasan secara visual dengan pemutaran video tentang Yuk Bisnis Gudang.

Selanjutnya, pembahasan yang lebih mendalam disampaikan langsung oleh Jaya Setiabudi selaku founder Yuk Bisnis.

Branch Manager JNE Semarang, Wahyu Sangerti Alam mengatakan, kegiatan workshop ini membuka peluang baru yang memudahkan bisnis UKM di Jawa Tengah, sehingga berdampak pada pertumbuhan industri kreatif nasional seiiring dengan meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. Perkembangan ekonomi digital juga sangat berdampak positif kepada bidang logistik, karena perpindahan barang dari produsen ke konsumen membutuhkan logistik yang efisien sekaligus tepat waktu.

“Di sinilah peran penting JNE dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif lokal agar mampu berdaya saing dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Wahyu.

Dengan kolaborasi JNE dan YukBisnis, lanjutnya, UMKM dapat dengan optimal menghasilkan produk-produk berkualitas, serta mengembangkan bisnis maupun menjalankan berbagai macam langkah dalam pemasaran. Hal tersebut, salah satunya karena adanya proses logistik dan distribusi yang terintegrasi, sehingga UMKM tidak perlu melakukan berbagai aktifitas logistik dalam proses bisnis.

Jaya Setiabudi, founder Yuk Bisnis menjelaskan, hal-hal yang harus dipahami para wirausahawan diantaranya penting untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, memaksimalkan, serta meningkatkan konversi toko online, merancang saluran distribusi yang murah dan merata, memilih saluran distribusi yang sesuai, pengumpulan database pelanggan, membangun brand yang kuat, hingga solusi permodalan.

Tidak hanya mendapatkan penjelasan mendalam tentang strategi distribusi paket serta pemasaran, peserta pun mendapatkan bonus 10 poin tanpa minimal transaksi pada transaksi pertama jika mendaftar langsung menjadi member JNE Loyality Card (JLC) di tempat acara. Sementara bagi peserta yang telah menjadi member JLC akan langsung mendapatkan bonus 5 poin.

Sebelumnya, pelatihan yang diadakan secara gratis ini dilaksanakan di Bandung, Jakarta, dan Bogor. Setelah Semarang, seminar ini akan diselenggarakan juga untuk para UKM di Solo, Jogjakarta, Madiun, Surabaya, Malang dan Bali. (aln/muz)