Beranda Ekonomi Juliari Anggap Wajar Kenaikan Harga Jelang Lebaran

Juliari Anggap Wajar Kenaikan Harga Jelang Lebaran

BERBAGI
SIMBOLIS : Juliari (kanan) secara simbolis meletakkan gantang sangkar burung pada Lomba Burung Juara Cup yang diadakan di Pusponjolo, Kota Semarang, Minggu (27/5). Foto : ist

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Anggota DPR RI Juliari Batubara menganggap wajar kenaikan harga sejumlah bahan pokok menjelang Lebaran. Menurutnya, jika masih dalam batas kewajaran, hal itu bisa ditolerir.

Kepada wartawan di sela mengikuti Lomba Burung Juara Cup yang diadakan di Pusponjolo, Kota Semarang, Minggu (27/5), Juliari mengatakan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok merupakan hal yang wajar.

Dia menghargai kesempatan bagi masyarakat penyedia kebutuhan pokok untuk mengambil keuntungan, namun harus diberikan ketetapan harga yang wajar.”Kalau masih dalam batas 5-10 persen, masih wajar kenaikannya, kalau di atas itu harus dihindari,’’ ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ari tersebut juga mengungkapkan apabila pemerintah melalui Satgas Pangan telah berupaya untuk memberikan pengamanan dalam pengadaan pangan. Satgas tersebut bertugas untuk memperingatkan terjadinya pelanggaran dalam penentuan kenaikan harga pangan. “Apabila ada yang terbukti menyembunyikan atau menyimpan bahan pangan kemudian digelontorkan pada saat kebutuhan tersebut tinggi, hal itu yang perlu menjadi perhatian dan harus diperingatkan,’’ tandasnya.

Juliari pada kesempatan tersebut juga menyatakan sejumlah kesiapan yang harus diperhatikan pemerintah menjelang Lebaran. Antara lain pelayanan jalan tol yang menjadi andalan bagi pemudik di wilayah Jawa Tengah.

Anggota Komisi VI itu sudah mengecek kesiapan di sejumlah titik jalan tol yang rawan terjadi kemacetan. Utamanya, di wilayah Daerah Pemilihan I, Juliari menyoroti adanya lajur yang rawan terjadi kemacetan di jalur keluar (exit) dari tol Krapyak.

Hal yang sama juga terjadi di exit tol Salatiga. Menurutnya, pemerintah harus mempersiapkan adanya rekayasa lalu lintas yang matang agar tidak terjadi sumbatan arus mudik pada lajur – lajur tersebut. “Sejauh ini pemerintah sudah bagus dalam mempersiapkan infrastruktur dan harus kita harga upaya mereka untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya. (drh/biz)