Beranda Jateng Solo Jurusan Solo-Kutoarjo, Empat Hari Tiket Digratiskan

Jurusan Solo-Kutoarjo, Empat Hari Tiket Digratiskan

Solo Express Resmi Beroperasi

452
MEWAH : KA Solo Expres dengan rute Solo-Jogja-Kutoarjo resmi dilaunching, Kamis (17/5) di Stasiun Solo Balapan. Selama empat hari ke depan PT KAI menggartiskan tiket naik kereta berkapasitas 200 orang itu. (Wijayanti/Jateng Pos)
MEWAH : KA Solo Expres dengan rute Solo-Jogja-Kutoarjo resmi dilaunching, Kamis (17/5) di Stasiun Solo Balapan. Selama empat hari ke depan PT KAI menggartiskan tiket naik kereta berkapasitas 200 orang itu. (Wijayanti/Jateng Pos)

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Setelah sempat tertunda, akhirnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi melaunching Kereta Api (KA) Solo Express. Kereta yang melayani rute sama dengan Prambanan Express (Pramex) relasi Solo-Kutoarjo tersebut diresmikan Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Zulfikri didampingi Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Komisaris Utama PT KAI, Suhono serta jajaran PT KAI lainnya di Stasiun Solo Balapan, Kamis (17/5).

“Keberadaan Solo Express diharapkan mampu mendukung operasional Prambanan Express (Pramex) yang selama ini masih kewalahan memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat relasi Solo-Kutoarjo dan sebaliknya yang memang sangat tinggi,” jelasnya dalam sambutannya mewakili Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Ia mengakui jika saat ini jika dinamika masyarakat di Solo, Jogja dan Kutoarjo semakin meningkat dan berkembang baik dati sisi ekonomi, pendidikan dan pariwisata. Dimana semakin hari lintas batang dan orang semakin meningkat, sehingga perlu didukung dengan angkutan yang handal, aman dan terjangkau.

“Pengoperasian Solo Express ini sebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas dan pelayanan angkutan bagi masyarakat yang dilintasi yakni mulai Solo, Jogja, hingga Kutoarjo. Selain itu juga sebagai bentuk peningkatan pelayanan angkutan lebaran. Sehingga aksebilitas masyarakat akan jasa PT KAI semakin meningkat,” imbuhnya.

Ia juga berharap Solo Express bisa menjadi solusi utama dalam menunjang mobilitas peningkatan kapasitas angkut dan pelayanan yang nantinya juga berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menghargai upaya yang dilakukan PT KAI dalam mewujudkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dalam hal Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 dimana pemerintah wajib menyediakan transportasi umum yang murah aman terjangkau.

“Terbukti hari ini (kemarin,Red) dilaunching Solo Express yang harapannya bisa mendatangkan lebih banyak orang atau wisatawan dari Jogja atau Kutoarjo untuk bisa mengunjungi Kota Solo. Kota budaya yang warganya ramah. Harapannya tidak hanya satu kereta tapi bisa ditambah lagi,” tutur Rudy.

Terkait KA Solo Express sendiri, Komisaris Utama PT KAI, Suhono mengatakan, rangkaian kereta yang digunakan tersebut memang sedianya diproyeksikan untuk kereta bandara yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Sotasiun Solo Balapan. Namun karena pembangunan kereta bandara masih dalam taraf konstruksi, sedangkan kereta sudah siap, maka diputuskan untuk mengoperasikannya sebagai pendukung KA Pramex

“Dengan adanya Solo Express selain memenuhi kebutuhan msayarakat terjadap transportasi Solo-Jogja-Kutarjo juga untuk memberikan pilihan kepada masyarakat. Karena fasilitas Solo Express memang lebih mewah dibandingkan Pramex. Silahkan masyarakat memilih,” paparnya.

Selain memiliki fasilitas yang lebih baik, jarak tempuh Solo Express pun lebih cepat 30 menit dibandingkan Pramex. Dan selama empat hari, terhitung mulai 17 Mei hingga 20 Mei, PT KAI menggratiskan tiket Solo Express yang bertarif Rp30 ribu untuk relasi Solo-Jogja dan Rp40 ribu untuk Solo-Kutoarjo. (jay/saf)