Beranda Hukum & Kriminal Kades Tersangka Pungli Ditahan, Terancam Sanksi Pecat

Kades Tersangka Pungli Ditahan, Terancam Sanksi Pecat

BERBAGI
Penyidik Polres Boyolali melakukan pelimpahan tahap dua kasus dugaan Pungli Kades Teras.

JATENGPOS.CO.ID. BOYOLALI – Kepala Desa Teras, Boyolali, Heri Dwi Widianto, yang menjadi tersangka kasus dugaan suap terancam kena sanksi tegas dari Pemkab Boyolali. Heri ditetapkan menjadi tersangka dugaan suap pengurusan penerbitan IMB kasawan perumahan di desanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (Dispemasdes) Boyolali, Purwanto, mengatakan baru melakukan kajian hukum untuk memberikan sanksi kepada Heri.

“Jelas kami akan berikan sanksi, jika memang terbukti bersalah,” ujar Purwanto kepada wartawan Selasa (13/3).

Saat ini kasusnya masih berjalan di Kejaksaan Negeri Boyolali dan status Heri masih tersangka. Sehingga, Pemkab kini mengkaji untuk memberhentikan sementara Heri dari jabatan Kades Teras.

Menurut dia, sanksi berat hingga pemberhentian tidak hormat dari jabatan Kades bisa saja diberikan, jika yang bersangkutan dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

Purwanto juga menyatakan sudah mempersipakan pelaksana tugas (Plt) Kades Teras. Namun pihaknya juga masih menunggu surat resmi dari Camat Teras mengenai kasus tersebut.

Sementara itu, terpisah Kasi Pidsus Kejari Boyolali, Setiawan Joko, menyatakan sudah memeriksa tersangka dan disingkronkan dengan barang bukti. Selanjutnya, pihaknya akan segera menyusun surat dakwaan. “Kami akan segera susun surat dakwaannya,” kata Wawan, sapaan akrabnya kepada wartawan.

Tersangka Heri saat ini juga ditahan. Setelah dilakukan pelimpahan tahap dua (pelimpahan tersangka dan barang bukti) oleh penyidik Polres Boyolali ke Kejaksaan, tersangka langsung ditahan. Kejaksaan menahan tersangka dan dititipkan ke Rutan kelas 2 B Boyolali.

Seperti diberitakan, seorang kepala desa di Kecamatan Teras, Boyolali menjadi tersangka kasus dugaan pungutan liar (Pungli). Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reskrim Polres Boyolali melakukan pelimpahan tahap dua kasus tersebut ke Kejaksaan Negeri Boyolali, Senin (12/3).

Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi melalui Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto, tersangka yakni Heri Dwi Widianto, Kepala Desa Teras, Heri menjadi tersangka kasus Pungli dalam penerbitan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) kawasan perumahan yang akan dibangun pengembang di desanya.

Dalam kasus ini, petugas menyita sejumlah barang bukti. Selain sejumlah dokumen dan kwitansi, juga uang tunai yang diduga hasil Pungli sebesar Rp 110.612.000.

Tersangka dikenai Pasal 12 huruf e UURI No. 31 Tahun 1999 sebagaimana sudah diubah dalam UURI No. 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda paling sedikit 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar. (aji/muz)