Beranda Jateng Kapolda Minta Media Turut Mewujudkan Pilkada Damai

Kapolda Minta Media Turut Mewujudkan Pilkada Damai

BERBAGI
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat deklarasi Pilkada Damai 2018 bersama wartawan di ballroom victoria, Vina House Semarang, Selasa (13/2). FOTO:AHMAD KHOIRUL ASYHAR

JATENGPOS.CO.ID. SEMARANG– Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono meminta media massa memuat berita-berita menyejukkan berkaitan dengan upaya mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang damai.
“Media massa merupakan salah satu komponen dalam upaya mewujudkan pilkada damai,” kata Kapolda saat deklarasi Pilkada Damai 2018 bersama wartawan di ballroom victoria, Vina House Semarang,  Selasa (13/2).

Deklarasi tersebut merupakan bentuk sinergitas wartawan dengan Polda Jateng agar Pilkada Serentak 2018 di Jateng berlangsung aman dan kondusif.
Menurut kapolda, upaya mewujudkan tersebut melalui pemberitaan yang menyejukkan serta saling menjaga harmoni.
Selain pers, lanjut dia, terdapat komponen lain yang juga berperan dalam perwujudan pilkada yang damai.
Ia menyebut profesional penyelanggara pemilihan, seperti KPU dan Bawaslu, juga berperan penting.
Ia juga menyebut peran penting para kandidat kepala daerah dan tim pemenangannya. “Para pasangan calon harus menunjukkan, menang dengan cara-cara yang patut,” katanya.
Ia mengatakan potensi kerawanan dalam Pilkada 2018 telah dipetakan.
Pemetaan, lanjut dia, didasarkan atas sejarah konflik masing-masing wilayah pada masa sebelumnya. “Dinamika bergerak cepat sehingga harus bisa mengelola situasi untuk mendinginkan suasana,” katanya. (har/udi)