Beranda Jateng Solo Kapolresta Solo: Kesadaran Masyarakat Disiplin Kesehatan Penting

Kapolresta Solo: Kesadaran Masyarakat Disiplin Kesehatan Penting

13

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Andy Rifai mengatakan kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin kesehatan sangat penting dalam penerapan menuju tatahan baru atau normal baru di Kota Solo, di tengah pandemi COVID-19.

“Kesadaran masyarakat sesuai protokol kesehatan penting untuk dapat menerapkan Solo normal baru,” kata Andy Rifai, di Solo, Jumat.

Menurut Andy Rifai pihaknya bersama Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji mendampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, telah mengecek persiapan normal baru di tempat keramaian seperti Solo Paragon Mal, pada Kamis (28/5) malam.

Menurut Andy Rifai dalam kegiatan pengecekan di tempat keramaian tersebut Polres dan Kodim 073/ Surakarta menurunkan anggotanya melakukan penyusuran semua sudut mal dan gerai-gerai Solo Paragon Mal.

“Pada pengecekan itu, semua infrastruktur protokol kesehatan mulai tempat cuci tangan, hand sanitizer, tempat duduk, lokasi antrean kasir, tempat makan, dan lainnya semua sudah disiapkan,” kata Andy Rifai.

Bahkan, pihaknya juga mencoba menggunakan tempat cuci tangan yang tersedia di dekat pintu masuk mal, berfungsi dengan baik. Pengunjung di tempat antrean saat bayar di kasir juga sudah diberikan tanda jaga jarak tertentu.

Menurut Andy Rifai Solo bakal diterapkan tatanan baru atau normal baru setelah status kejadian luar biasa (KLB) coronavirus disease 2019 (COVID-19) dicabut oleh Pemkot Surakarta.

Namun, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo kemudian memperpanjang waktu KLB yang seharusnya selesai, pada Jumat ini, menjadi 7 Juni mendatang.

Andy Rifai mengatakan pihaknya penerapan normal baru akan mempersiapkan anggotanya untuk menjaga dan mengawal terutama di tempat-tempat keramaian ekonomi seperti pusat perbelanjaan, pasar modern, tempat ibadah, warung makan, dan pasar tradisional. Pihaknya sudah beritahu pengelola agar melengkapi fasilitas untuk mendukung penerapan normal baru.

Terpisah, Chief Marcomm Solo Paragon Lifestyle Mall Veronica Lahji mengatakan pihak manajemen Solo Paragon Mal siap menerapkan normal baru. Semua infrastruktur berkaitan dengan protokol kesehatan sudah disiapkan semua. Pihaknya komitmen mematuhi aturan Wali Kota Surakarta dan menerima masukan dari Polresta Surakarta.

“Protokol kesehatan lebih diperketat. Jika ada pengunjung tidak memakai masker, petugas keamanan mal berhak melarang pengunjung masuk,” katanya. (fid/ant)