Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Kartu Domino Tingkatan Hasil Belajar Siswa

Kartu Domino Tingkatan Hasil Belajar Siswa

354
Siti Juwariyah Guru MI Mujahidin Gadu Sambong Kab Blora
Siti Juwariyah Guru MI Mujahidin Gadu Sambong Kab Blora

Kualitas pendidikan terutama di tentukan oleh proses belajar mengajar yang berlangsung di ruang kelas.  Dalam prosses belajar mengajar tersebut guru memegang peranan yang sangat penting. Guru adalah kreator proses belajar mengajar. Ia adalah orang yang akan mengembangkan suasana bebas bagi peserta didik untuk mengkaji apa apa yang menarik minatnya, mengekspresikan ide-ide dan kreatifitasnya dalam batas-batas norma-norma yang ditegaskan secara konsisten. Sekaligus guru akan berperan sebagai model bagi peserta didik. Kebesaran jiwa, wawasan dan pengetahuan guru atas perkembangan masyarakatnya akan menghantarkan para peserta didik untuk berfikir melewati batas-batas kekinian, serta berfikir untuk menciptakan masa depan yang lebih baik (Muh Ilyas Ismail,2008:1).

 Untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan profesional dalam mengajar, agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal. Guru perlu memilih metode, model serta bahan ajar yang sesuai agar pengajaran guru lebih menarik dan materi yang diterima oleh peserta didik tidak hanya sekadar sekumpulan konsep.

    Agar mendapatkan hasil pembelajaran yang sesuai harapan, maka perlu  mengganti metode yang lebih efektif. yaitu di antaranya menggunakan kartu domino, yang dalam pelaksaaannya  memadukan antara Metode Cooperating Learning dengan Metode Diskusi. Dengan menggunakan kartu domino ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan, mengaktifkan peserta didik, serta dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Dalam kartu tersebut berisi pernyataan yang homogen dari materi yang diajarkan dan peserta didik diajak untuk memainkannya.

          Metode kartu domino ini dipergunakan sebagai salah satu cara penyampaian pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa dalam memahami suatu materi. Kartu disini bukanlah suatu kartu yang digunakan oleh orang untuk berjudi, melainkan suatu metode pembelajaran dengan melakukan permainan. Kartu dibuat seperti kartu domino untuk menarik minat siswa dalam belajar IPA. Penggunaan metode ini bisa digunakan bagi siswa karena menggunakan kartu ini ada keasyikan tersendiri dalam belajar sehingga siswa akan tertarik dan mudah untuk menerima, mengerti dan memahami materi  yang dipelajari. Model metode ini diterapkan di MI Mujahidin Gadu Sambong

Metode permainan kartu dalam materi pengaruh kalor terhadap perubahan Suhu dan wujud benda  merupakan perpaduan antara metode cooperative learning dan metode diskusi, yang dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Pada awal permainan siswa dibimbing dalam melaksanakan permainan dan bagaimana memainkannya.Perangkat Permainan,Kartu(Jumlah kartu ada 21 buah,Jumlah pernyataan ada 42, setiap kartu berisi 2 pernyataan,Terdapat 6 kelompok pernyataan yang homogen,Pelaku Permaian sebagai berikut :1 Guru membagi kelompok menjadi 4 kelompok,2 yang mana setiap kelompok terdiri dari 4-6 orang,3 Permainan dimulai dengan mengocok kartu tersebut,4 kemudian dibagikan sama banyak pada setiap pemain. 5 Jika ada kartu berlebih dijadikan sebagai pembuka permainan,Sebelum permainan dimulai siswa siswa diberikan waktu 5-10 menit untuk mencari jawaban pada kartunya,Kartu pertama diturunkan oleh pembagi kartu, berikutnya diturunkan oleh pemain yang duduk disebelah kanan pembagi kartu dengan cara menyambung salah satu ujung kartu yang ada diatas meja, jika tidak ada kartu yang sesuai harus dikatakan “lewat”, begitu seterusnya,Permainan selesai jika ada seorang pemain yang habis kartunya atau semua pemain mengatakan “lewat”.

      Penerapan model pembelajaran kartu domino ternyata meningkatkan aktifitas dan hasil belajar yang di tandai meningkatnya pemahanan materi dan proses berfikir siswa

Siti Juwariyah

Guru MI Mujahidin Gadu Sambong Kab Blora