Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Kartu Pintar Tingkatkan pemahaman Konsep Bilangan

Kartu Pintar Tingkatkan pemahaman Konsep Bilangan

BERBAGI
Nur Faridah, S.Pd TK Lestari Bener Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo
Nur Faridah, S.Pd TK Lestari Bener Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo

Taman Kanak-kanak sebagai sebuah lembaga pendidikan pra sekolah yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak usia dini mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan anak didik ke jenjang pendidikan selanjutnya yakni pendidikan dasar. Sebagai upaya persiapan tersebut, proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak harus dikemas sedemikian rupa agar kemampuan anak dapat berkembang secara optimal.

          Kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Dalam lingkup perkembangan kognitif terdapat kemampuan pemahaman konsep bilangan yang merupakan bekal awal yang diberikan kepada anak didik sebelum anak mempelajari konsep berhitung yang lebih kompleks pada jenjang pendidikan dasar. Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan.

          Langkah awal yang perlu dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan yakni menarik minat anak untuk mengenal lebih dalam tentang konsep bilangan. Sehingga guru harus mampu memilih dan menggunakan metode maupun media yang tepat sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini. Salah satu prinsip yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu pembelajaran hendaknya disampaikan melalui kegiatan bermain. Perlu diingat bahwa dalam penyelenggaraan pembelajaran di Taman Kanak-kanak, proses lebih diutamakan daripada hasil akhir yang dicapai. Dengan penggunaan metode dan media yang bervariatif diharapkan proses pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak.

Sehubungan dengan penjelasan di atas, saya berupaya untuk mengunakan media yang cocok untuk mengembangkan pemahaman konsep bilangan pada anak yaitu “Kartu Pintar”. Kartu Pintar merupakan kartu yang memiliki 4 sisi atau muka dengan gambar atau simbol yang berbeda-beda. Mengapa kartu ini diberi nama Kartu Pintar? Karena bisa dikatakan bahwa kartu ini serba tahu dan serba bisa, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan konsep bilangan. Disebutkan demikian karena kartu ini bisa digunakan untuk mengajarkan berbagai hal kepada anak, diantaranya melatih kemampuan membilang, mengenalkan lambang bilangan dan cara membuatnya serta cara mudah untuk mengingat atau mengenali lambang bilangan.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan Kartu Pintar ini cukup sederhana dan mudah diperoleh. Bahan-bahan tersebut antara lain kardus bekas, kertas Hvs, lem, isolatif, krayon, solasi, perekat/magnet. Sedangkan untuk pembuatannya, diperlukan alat-alat seperti gunting, cuter dan penggaris.

Cara pembuatan Kartu Pintar dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Gunting kardus bekas menjadi bentuk persegi panjang dengan ukuran 10cm x 15cm. Masing-masing kartu membutuhkan 2 buah persegi panjang, 2) Gunting kertas HVS dengan ukuran sama dengan atas (10cm x 15cm). Masing-masing kartu membutuhkan 4 buah. Kemudian kertas tersebut diberi gambar benda, lambang bilangan, cara membuat angka dan gambar benda yang mirip dengan angka, 3) Gambar angka ditempelkan secara bolak-balik pada kardus. Begitu pula dengan gambar benda/kumpulan benda dan ciri khas angka ditempelkan secara bolak-balik pada kardus yang satunya kemudian dilapisi dengan plastik atau isolasi, 4) Kedua kardus tersebut kemudian dihubungkan atau dikaitkan dengan menggunakan magnet atau perekat.

Jika dilihat sekilas kartu ini tampak seperti dua sisi saja, padahal sebenarnya ada 4 sisi. Cara bermainnya adalah dengan menampakkan dua sisi kemudian dibalik hingga dapat menampilkan kedua sisi yang lainnya. Kartu ini dapat dimainkan secara bervariasi sesuai dengan kreativitas masing-masing. Melalui kegiatan yang menyenangkan, yakinlah bahwa anak akan memperoleh pengalaman belajar yang berkualitas dan dapat mengoptimalkan pengembangan potensi yang dimiliki oleh anak.

Nur Faridah, S.Pd
TK Lestari Bener Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo
BERBAGI