Beranda Jateng Kembangkan Blog, KKN Undip Perkenalkan UMKM Pedesaan ke Dunia Luar

Kembangkan Blog, KKN Undip Perkenalkan UMKM Pedesaan ke Dunia Luar

33
BERBAGI
KKN mahasiswa Undip di Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. ist

JATENGPOS.CO.ID, PATI – Mahasiswa KKN Undip bersama dengan dosen Undip Dr Adi Nughoro mengembangkan blog dalam rangka memperkenalkan potensi pedesaan. Blog www.m0j0agung.wordpress.com membantu memperkenalkan produk Desa Mojoagung, sebagai salah satu desa yang makin maju di Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.

“Era teknologi yang semakin berkembang memudahkan masyarakat memperoleh dan menyampaikan informasi. Blog merupakan salah satu media informasi yang mudah diakses masyarakat luas,” terang penggagas blog tersebut, Dr Adi Nugroho.

Menurutnya, Desa Mojoagung memiliki potensi pertanian dan perikanan. Masyarakat desa Mojoagung memanfaatkan potensi tersebut untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual sehingga menumbuhkan minat dan kesadaran masyarakat untuk berwirausaha.

Produk tersebut dikembangkan melalui UMKM. Namun, UMKM Desa Mojoagung sebelum ini kurang dikenal masyarakat luas. Salah satunya penginformasian yang  kurang, minimnya publikasi.

Masyarakat desa Mojoagung memanfaatkan blog www.m0j0agung.wordpress.com untuk mempromosikan UMKM. Tidak hanya masyarakat Desa Mojoagung, masyarakat Pati juga dapat mempromosikan UMKM melalui blog www.m0j0agung.wordpress.com.

Salah satu mahasiswa KKN Undip, Ajeng Kurniawati, mengatakan bahwa blog ini dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan UMKM Kabupaten Pati secara luas. Blog ini dilengkapi dengan narasi dan dokumentasi yang mempermudah pembaca untuk mengenal produk UMKM yang disampaikan.

“Bahasanya mudah dipahami dan pengaturan blog yang rapi menambah daya tarik pembaca,” imbuhnya.

Adapun tujuan blog ini untuk membantu masyarakat dalam mempromosikan produk UMKM sehingga dapat dikenal masyarakat luas yang dapat mempengaruhi peningkatkan perekonomian masyarakat Pati.” Harapannya, dari adanya blog ini adalah masyarakat termotivasi untuk mengembangkan UMKM yang dimiliki,” tuturnya. (drh)