Beranda Jateng Solo Kemenag Surakarta Berangkatkan 397 Calon Haji

Kemenag Surakarta Berangkatkan 397 Calon Haji

126

JATENGPOS.CO.ID, Solo – Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta pada penyelenggaraan ibadah haji 2019 bakal memberangkatkan sebanyak 397 calon haji (Calhaj) asal Solo ke Tanah Suci.

Jumlah calhaj asal Solo sebanyak 397 orang tersebut ditambah 10 petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), sehingga totalnya sebanyak 407 jemaah, kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Surakarta, Rosyad Ali Safitri, di Solo, Senin.

“Jumlah calhaj asal Solo akan dibagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 11 sebanyak 250 orang dan kloter 12 sebanyak 147 orang,” kata Rosyid Ali.

Calhaj asal Solo tersebut sudah melunasi biaya haji tahun ini, dan semua berkas administrasi termasuk paspor dan visa sudah selesai. Calhaj Solo hingga sekarang tidak ada kendala, tinggal menunggu jadwal keberangkatan ke Arab Saudi dari Penyelenggara Haji Umrah (PHU) melalui Kanwil Kemenag Jateng.

Dia mengatakan kondisi jamaah calon haji asal Solo semuanya terpantau sehat-sehat. Mereka kini sedang mengikuti kegiatan pembinaan Manasik Calhaj di tingkat kecamatan yang akan berlangsung mulai Senin ini hingga Sabtu (22/6).

Pada kegiatan Manasik Calhaj untuk kecamatan Seregan dan Pasar Kliwon digelar di Masjid Agung Alun Alun Keraton Surakarta, Banjarsari, di Hotel Grand Setia Kawan, Jebres, di Pendopo Kelurahan Purwodiningratan, dan Laweyan di Hotel Arini Purwosari.

Kegiatan persiapan selanjutnya, kata dia, pembinaan Manasik Calhaj tingkat Kota yang digelar di Hotel Dana Jalan Slamet Riyadi Solo, pada tanggal 24-25 Juni mendatang.

Pembinaan Manasik Khusus ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom) calhaj digelar di Hotel Dana Solo, pada Rabu (26/6). Rombongan calhaj Solo akan diberangkatkan melalui Embarkasi Solo Bandara Adi Soemarmo di Boyolali.

“Kami masih menunggu jadwal keberangkatan dari PHU, dan Calhaj kloter pertama mulai masuk asrama haji Donohudan Boyolali, pada tanggal 5 Juli. Rombongan calhaj kloter pertama diberangkatkan ke Tanah Suci, pada 6 Juli mendatang.

Kasubid Humas Kanwil Kemenag Jateng Afief Mundzir mengatakan jumlah calhaj asal Jateng dan D.I. Yogyakarta melalui Embarkasi Surakarta pada penyelenggaran ibadah haji 2019 sebanyak 34.861 jemaah atau meningkat dibanding tahun sebelumnya 34.112 jemaah. “Jumlah calhaj tahun ini, diperkirakan bisa terbagi sebanyak 97 kloter, dan sebelumnya hanya 95 kloter,” katanya.

Menyinggung soal jadwal keberangkatan calon haji Embarkasi Surakarta, kata dia, belum selesai dan masih disusun oleh panitia. Ada kemungkinan pekan depan sudah dalam diumumkan.

“Namun, calhaj Embarkasi Surakarta mulai masuk asrama Donohudan Boyolali, tanggal 5 Juli mendatang. Rombongan kloter pertama akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada 6 Juli 2019,” katanya. (fid/ant)