Beranda Jateng Pantura Barat Kepala Disperinaker Brebes Diduga Dukung Bacagub Diperiksa Panwaskab

Kepala Disperinaker Brebes Diduga Dukung Bacagub Diperiksa Panwaskab

BERBAGI
Kepala Disbaker Brebes, Zaenudin (merah) menunjukkan berkas dalam pemeriksaan di Panwaskab Brebes. FOTO:EKO FIDIYANTO/ JPNN

JATENGPOS.CO.ID. BREBES- Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Brebes memeriksa Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Pemkab Brebes Zaenudin, Selasa (19/20). Ia dipanggil  untuk dimintai keterangan terkait dengan keikutsertaannya dalam pengukuhan tim dukungan salah satu bakal calon yang akan berlaga di Pilgub Jawa Tengah.

Zaenudin sendiri diketahui berada di lokasi pembentukan relawan bagi pemenangan Heru Sudjatmoko dalam Pilgub Jateng yang dilangsungkan di salah satu hotel di Kecamatan Tanjung, belum lama ini.

Ketua Panwaskab Brebes, Wakro mengungkapkan, kronologi pemanggilan kasus ini adalah temuan dari Panwas Kecamatan Tanjung terkait kejadian hari Kamis (14/12) dan menjadi temuan pada hari Sabtu (16/12). Pihaknya memanggil 5 saksi yang diantaranya adalah Kepala Disnaker Brebes yang menjadi terlapor.

“Kita sudah maraton dari hari minggu dan memanggil 5 saksi, dan yang menjadi terlapor adalah Pak Zaenudin. Pak Zaenudin juga dilaporkan karena dalam acara pengukuhan DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), di dalamnya juga ada pengukuhan RJG atau Relawan Jateng Gayeng,” ungkapnya.

Wakro membeberkan, dalam pemanggilan tersebut, pihaknya juga memeriksa beberapa pengurus DPC SBSI . Mereka membenarkan ada pengukuhan tim relawan bagi Heru yang kini masih aktif sebagai wagub Jateng itu. Kegiatan ini juga dihadiri beberapa ASN yang terlibat dalam pengukuhan itu. Mereka menggunakan kendaraan operasional berplat merah. Bahkan kepada DIsnker Provinsi Jateng.

“Selain menangani kasus ini, kami juga melimpahkan temuan ini kepada Bawaslu Propinsi. Karena Bu Wika Bintang (Kepala Disnakertrans Propinsi Jateng). Ini prosesnya sudah berjalan, dan besok kami agendakan pemeriksaan Bu Wika di Propinsi,” bebernya.

Dalam kasus ini, selain dua terlapor di atas juga ada ASN aktif yang merupakan pegawai kecamatan di Kabupaten Brebes dan menjadi Ketua RCG. Pihaknya sudah menyampaikan kasus ini kepada yang bersangkutan. “Kita lihat nanti bagaimana, apakah ASN itu akan mendapatkan teguran sangat keras atau bagaimana, tandasnya.

Sementara Zaenudin mengaku, dirinya hanya menghadiri pengukuhan pengurus DPC  (SBSI) Kabupaten Brebes atas perintah dari Bupati. Dirinya mewakili Bupati yang berhalangan hadir dalam acara itu.

“Ini perintah dari Ibu Bupati untuk mendampingi. Suratnya juga ada. Saya juga diminta mendampingi Kepala Disnaker Provinsi Jawa Tengah dalam acara itu. Waktu saya hadir di acara itu dari awal sampai akhir tidak ada acara dukung-mendukung salah satu calon, kemudian saya mau pulang ujug-ujug ganti spanduk relawan,” ungkap Zaenudin.  (fid/ism/jpnn/muz)

BERBAGI